Menaikan H Index pada Google Scholar

Gambar di atas adalah screen shoot profil saya pada Google Scholar. Terlihat pada gambar di atas bahwa H index saya sudah mencapai 2. Semakin tinggi nilai H index seseorang maka diindikasikan bahwa semakin bagus profil kecendiakawan seseorang tersebut. Lalu bagaimana sebenarnya menghitung H index secara gamblang tanpa menggunakan rumus yang susah?

H Indeks adalah jumlah publikasi (n) yang masing masing publikasi tersebut dirujuk sebanyak minimal n kali. Maka dari definisi di atas, H indeks 2 berarti adalah ada 2 buah publikasi yang dirujuk minimal 2 kali. Pada screen shoot di atas saya memiliki 2 buah publikasi yang dirujuk 3 kali dan 7 kali (3 dan 7 > 2).

Artinya jika saya ingin meningkatkan H index Saya dari 2 menjadi 3 maka Saya harus memiliki sebanyak 3 buah publikasi yang sudah dirujuk minimal 3 kali. Agar hal ini bisa terealisasi maka publikasi saya pada tahun 2015 yang masih dirujuk 2 kali harus ditingkatkan menjadi 3 sehingga nantinya ada 3 buah publikasi yang masing masing dirujuk minimal 3 kali yaitu: 7 kali (2007), 3 kali (2015) dan 3 kali (2015).

Katakan jika Anda ingin memiliki H Index yang tinggi seperti yang diperingkatkan oleh Sinta di sini (misal H Index 23) maka anda harus punya 23 publikasi yang masing masing telah dirujuk minal sebanyak 23 kali.

Tentunya usaha yang perlu dilakukan agar publikasi kita dirujuk oleh penulis lain pada publikasi mereka adalah dengan berbagai cara. Pertama menulis publikasi yang sedang trend di bidang kita, kedua berusaha menulis publikasi kita dengan baik dan benar dan mudah dimengerti oleh penulis lain sehingga menggugah mereka merujuk publikasi kita.

Sebenarnya gampang bukan?

Selamat berkarya, biarkan hasilnya bercerita di kemudian hari. Jika publikasi anda belum dirujuk oleh penulis lain maka jangan kecewa dan bersabara sajalah. Bisa jadi suatu saat akan ada yang merujuknya.

8 thoughts on “Menaikan H Index pada Google Scholar

    • alaykumsalam pak Jumal. GS sudah bagus, namun apakah dokumen dientrykan secara manual atau ditambahkan berdasarkan yang terdeteksi oleh GS secara online? saran saya ada baiknya dokumen tersebut berasal dari yang online. Terutama untuk dokumen yang sudah tersimpan di research gate maka GS akan mendeteksinya secara otomatis dan tidak perlu dientry secara manual

  1. terimakasih pak..tulisannya bermanfaat bagi saya. mau nanya pak. apakah artikel yang telah di download berarti artikel tersebut telah disitasi? saya masih awam tentang H-index pada google schoolar, makasih

      • terimakasih atas infonya…semoga bermanfaat…apakah yang mensitasi juga karyanya harus harus dipublikasi scr online…? apakah klu yg mensitasi berupa blog jg bisa meningkatkan H-index kita? mksh infonya

  2. Salam. Tulisan sederhana yang bermanfaat. Salam dari Jogja. Saya tunggu kabar Guru Besar dari Bapak. Salam sehat sukses mulia, Pak Is.

Leave a comment