Selayang DIgSILENT Power Factory

Banyak power system simulator yang bisa digunakan oleh para mahasiswa sebagai alat bantu untuk pengerjaan tugas akhirnya. Salah satunya adalah DIgSILENT Power Factory. PF ini sekarang sudah banyak digunakan oleh para peneliti dan tersebar di beberapa negara.

Screen shoot dari website DIgSILENT (sumber: http://www.digsilent.de/ )

Lisensi yang mereka tawarkan ke pengguna juga beragam dari yang berbayar sampai yang gratis. Saya menggunakan lisensi gratis untuk selama 1 tahun dan dimungkinkan untuk diperbaharui secara gratis juga dan tak tertutup kemungkinan berbayar namun harganya tidak terlalu besar, kurang lebih 150 Euro.

Sebagai wadah komunikasi mereka juga menyediakan portal bagi pengguna. Melalui portal ini pengguna bisa melayangkan pertanyaan mereka dan bahkan mendapatkan file file model yang telah dibuat sebelumnya.

Bagi yang tertarik bisa untuk mengunjungi situs berikut: http://www.digsilent.de/

Untuk menentukan jenis lisensi apa yang sesuai dengan anda silahkan klik link berikut: http://www.digsilent.de/index.php/products-powerfactory-versions.html#bottom

Dan sedangkan link berikut ini: https://support.digsilent.de/scripts/texcel/CustomerWise/clogin.dll adalah berguna untuk pengguna yang ingin diskusi dengan para ahli dari team DIgSILENT tersebut.

Adapun saya, saya baru memulai untuk belajar menggunakan software ini. Kedepannya saya akan mencoba untuk berbagi model yang telah saya buat menggunakan software ini dan tentunya dengan harapan bermanfaat bagi yang lain yang membutuhkan wahana serupa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s