Keharmonisan dan tari Saman

Kecintaan akan negeri kadang baru kita rasakan saat kita sudah berada jauh. Tak heran ada bidal mengatakan “terasa ada saat ia tiada”. Tanah air akan terasa keberadaannya saat kita meninggalkanya untuk alasan tertentu, seperti mencari nafkah ataupun menuntut ilmu. Maka tak heranlah pelajar yang menuntut ilmu di negeri yang jauh saling berlomba menunjukan kecintaan mereka. Berusaha mengenalkan Indonesia dari berbagai bidang. Akademik, seni budaya dan acara amal lainnya.

Kecintaan ini pula lah mungkin yang mendorong beberapa pelajar sangat antusias saat melakukan pertunjukan seni. Beberapa mereka tak pandai menari bahkan. Namun demi menunjukan tingginya seni asli Indonesia maka mereka berusaha mempelajari tarian dan latihannya terkadang sangat singkat tapi memberikan hasil yang sangat memuaskan.

Tarian yang selalu dibawakan juga beragam, namun tari Saman dari Aceh nampaknya cukup banyak dipertontonkan di luar negeri. Melihat pertunjukan tari Saman ini banyak yang diambil hikmahnya. Salah satunya adalah gerak harmonis yang dilakukan. Penari yang jumlah cukup banyak bahkan sampai 80 penari melakukan gerakan yang serasi. Satu sama lain tak tampak membuat kesalahan. Satu dengan lain saling mengisi. Baik dalam gerakan lambat maupun gerakan cepat.

Keharmonisan, inilah yang kita perlukan. Pemimpin yang berbeda latar belakang tentunya bisa mengambil hikmah dari tarian ini. Sebesar apapun perbedaan namun saat perbedaan itu dipandang sebagai sebuah yang wajar maka ia akan menimbulkan keharmonisan. Tidak boleh ada unsur yang di luar alur yang sudah ditentukan. Kalau sudah demikian maka tenteramlah yang akan kita peroleh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s