Cara Menulis daftar Pustaka menggunakan Harvard Anglia Style

 

Salah satu yang membingungkan penulis adalah seperti apa format penulisan rujukan dalam artikel dan menulis daftar pustaka. Kalaupun ada formatnya kadang penulis agak malas melakukan itua. Karena harus ada format tertentu. Ada bagian yang perlu dimiringkan. Diberi tanda (,) (.) dsb. Sebenarnya Office (salah satunya 2007) sudah menyediakan itu semua. Sebagai contoh: saya menggunakan format Harvard Anglia (digunakan pada Jurnal Sains dan Teknologi FT Universitas Riau).

Pertama yang harus dilakukan adalah. Klik tab references kemudian perhatikan bagian citations & Bibliography. Di bagian tersebut sudah tersedia style yang akan kita gunakan. Salah satunya harvad anglia.

Gunakan add new source untuk memasukan daftar pustaka. Seperti gambar di bawah ini

Setelah add new source diklik maka akan muncul create source seperti di bawah ini. Tugas selanjutnya adalah memasukan keterangan terkait daftar pustaka tersebut (Tipe, penulis, judul, nama jurnal, tahun, halam, dll).

Setelah itu klik bibliography maka dihasilkan seperti di bawah ini:

Selamat mencoba…

 

Artikel Pada Jurnal

Bahri, S., Muhdarina & Fitra, A., 2010. Lempung Alam Termodifikasi Sebagai Adsorben Larutan Anorganik: Kesetimbangan Adsorpsi Lempung Terhadap Ion Cu2+. Jurnal Sain dan Teknologi, 9(1), pp.9-13.

 

Laporan Thesis/Disertasi

Iswadi-HR, 2007. Teknik Proteksi Differensial Transformator Daya Tiga Fasa dengan Menggunakan Transformasi Wavelet Paket. Master Degree Thesis. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

 

Prosiding pad Seminar/Konferensi Ilmiah

Kezunovic, M., Latisko, G. & Ren, Z., 1998. Autimatic Analysis of Circuit Breaker. In 17th International Conference on Electricity Distribution. Barcelona, 1998.

Buku

Ong, C., 1998. Dynamic Simulation of Electric Machinery. 2nd ed. New Jersey: Prentice Hall.

 

Sumber dari Internet

Rahardjo, B., 2008. Pola Akses Internet Yang Bursty. [Online] Available at: http://rahard.wordpress.com/2011/04/04/pola-akses-internet-yang-bursty/ [Accessed 3 March 2011].

 

14 thoughts on “Cara Menulis daftar Pustaka menggunakan Harvard Anglia Style

  1. Terima kasih, infonya Pak Iswadi.
    Selama ini saya selalu pakai cara manual, karena tidak tahu kalau ada fungsi ini di MS Word. (Saya masih pakai MS Word yg versi sebelum 2007, mungkin 2003, atau 97🙂. )

  2. maaf ya pak Iswadi saya mau nanya sebenarnya mailling yang dari program anjurkan tersebut diambil atau dilihatnya darimana ya?karena kalau saya buka dari MS Word punya saya tidak ada,,mohon bantuannya,terimakasih sebelumya

  3. Maaf sekali lagi pak,,setelah saya membuka reference seperti anjuran bapak diatas tidak ada didalam MS Word saya stylenya yang Harvard tapi disana tertera APA, Chicago, GB7714, Gost Name Sort, ISO 690-First Element and Date, ISO 690-Numerical Reference, MLA, SIST02, dan Turabian….
    Cara memperoleh Harvardnya darimana ya pak?
    Terimakasih…

    • Puput Sinaga: betul reference style yang ada di office bawaanya memang seperti yang anda sebutkan di atas. Untuk mendapatkan format penulisan referensi yang lainnya bisa didownload dulu style yang diinginkan. Kalau kami di bidang electrical menggunakan IEEE style. Untuk mendapatkan format lain coba didownload file-nya. Untuk link download mungkin bisa ketikan ini “microsoft word harvard citation and bibliography styles” di google (sebagai contoh: mencari Harvard style). Didownload file yang ada pada link tersebut. Setelah itu diintegrasikan ke microsoft word. Biasanya bagaimana cara mengintegrasikannya ke microsoft word sudah ada petunjuk di situs penyedianya.

      Salam dan selamat mencoba.

      • Puput: kalo file citation style dan bibliography-nya sudah didowload lalu di copy dan di dipastekan di (sebagai contoh root direktori untuk word 2010 di komputer labor saya) : program Files/Microsoft Office/Office14/Bibliography/Style.
        Mudahan bermanfaat .

  4. Pak Iswadi….. ternyata dunia maya mempertemukan kita kembali, meskipun kita satu Universitas… hehehehehe…. terimakasih atas infornya, saya sudah mencobakannya dengan menu yang ada…. sangat bermanfaat.

    Sekarang posisinya dimana nich pak?
    apakah sudah ada dirantau orang?

  5. Pak mau nanya… Itu daftar pustaka-nya Harvard, tapi masih bahasa Inggris. Misalnya untuk sumber dari Internet, ada tulisan “available at:”. Kira-kira ada tidak daftar pustaka Harvard yang bahasa Indonesia?

  6. Terima kasih Pak Iswadi………., sangat bermanfaat sekali, dan mohon izin akan saya share kepada mahasiswa di politeknik bengkalis. Terus berkarya, berbagi ilmu dan Sukses selalu buat Bapak. Wassalam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s