Rihlah 1: Sensasi Tikungan Kelok 9

Rilah 1: Sensasi Tikungan Kelok 9

Pada saat liburan panjang anak sekolahan pekan lalu, saya manfaatkan untuk melakukan rihlah keluarga. Walaupun persiapan tidak terlalu sempurna maka setelah saya memoderatori penyampaian program kerja calon dekan FT UR pada Rabu 28 Desember 2016 lalu saya, istri dan anak anak sepakat bahwa kami akan melakukan rihlah ke kawasan sumatera barat.

Keberangkatan ke provinsi tetangga ini kami mulai pada kamis pagi tanggal 29 Desember 2016. Keberangkatan kami mulai dari tempat tinggal kami di komplek perumahan bina widya UNRI Panam dan ditargetkan berhenti di lokasi kelok 9 yang terkenal dengan sensasi tikungannya itu.

Perjalanan akan menghabiskan waktu selamat 3.5 jam jika berjalan santai. Saya memang tidak memaksakan mengendarai kendaraan dengan terburu buruh karena rihlah/perjalan kali ini tidak mengejar waktu tertentu namun lebih fokus sebagai momen untuk berlibur bersama keluarga.

Peta dari google map dibawah ini menunjukan rute sebenarnya yang kami lalu. Akan melewati kabupaten Kampar lalu menuju perbatasan Riau-Sumbar dan beberapa menit dari perbatasan tersebut akan bersua dengan kelok Sembilan tersebut.

Secara garis besar, kelok 9 sebenarnya merupakan jalan penghubung utama antara Riau dan Sumbar namun karena sensai tikungannya yang tajam dan memiliki 9 tikungan maka dikenal pula dengan kelok 9. Namun seiring dibangunnya jalan layang di lokasi tersebut maka pengendara bisa mempunya alternatip lain antara tetap menggunakan kelok 9 yang lama atau menggunakan jalan layang tersebut.

Akan halnya jalan layang ini, sekarang menjadi objek wisata baru di kawasan ini dikarena konstruksinya yang sangat bagus. Lihatlah photo di bawah ini atau photo photo yang sudah tersebut di media internet. Jalan layang kelok 9 ini saya tempuh saat menuju ke sumatera barat dan saat pulang menuju Riau pada tanggal 1 Januari 2017 nya saya juga berkesempatan untuk menempuh kelok 9 yang lama. Azkiya, anak saya mencoba menghitung jumlah tikungan di kelok 9 yang lama untuk memastikan apakah benar benar jumlah tikungannya 9. Secara garis besar tikungan tajamnya memang ada 9 walaupun jika diikutkan tikungan yang tak tajam maka jumlah tikungannya akan lebih dari 9 tikungan.

Jalan layang kelok 9 (Courtesy of Iswadi)

Foto keluarga dengan latar jalan layang di kelok 9 (Courtesy of Iswadi)

Advertisements

2 thoughts on “Rihlah 1: Sensasi Tikungan Kelok 9

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s