Kegagalan bukanlah akhir dari segalanya

Kesalahan seseorang adalah saat ia mengalami kegagalan maka ia merasakan akhir dari segalanya.

Ujian sarjana saya dinyatakan gagal dan baru untuk ujian kedua saya lulus dan berhak menjadi sarjana di Undip. Di undip, bisa saja anda ujian sarjana lebih dari satu kali walau kejadian itu tak banyak.

Entah berapa kali saya gagal memenuhi skor TOEFL untuk syarat wajib kelulusan di magister ITB yang meminta 475 itu, namun akhirnya saya lewati juga dengan mengambil opsi mata kuliah bahasa inggris sebagai pengganti skor tersebut asalkan nilainya B maka dianggap setara. Sayang saya dapat C dan akhirnya harus test TOEFL lagi. Tes terakhir di pusat bahasa ITB dan beralaskan meja pimpong sebagai meja akhirnya sampai juga skor yang diinginkan.

Lamaran beasiswa S3 berulang ulang saya siapkan dari mulai kesiapan bahasa, berkas yang diminta dan kampus tujuan. Juga banyak kegagalan.

Jikalah kegagalan demi kegagalan itu menghentikan saya untuk berusaha maka sudah pasti saya takkan pernah sampai ke cita yang dituju.

Janganlah takut gagal namun takutlah jika anda harus berbuat curang dalam meraih tujuan.

Leave a Reply

