Berkunjung ke Hellen Bay

Tulisan ini terkait kisah perjalanan tanggal 30 Agustus 2014, hampir 2 tahun lalu. Adalah sebuah kebiasan bagi Keluarga muslim Indonesia di Northern Ireland untuk melaksanakan taklim bulanan. Dan majlis taklim kali ini bertempat di Bangor, di rumah Teteh Nia, seorang ibu dengan 3 anak dan bersuamikan pria Northern Ireland. Di rumah warga Indonesia yang berasal dari Bandung inilah majilis taklim dilaksanakan. Majlis taklim dilaksanakan secara lazimnya seperti di tanah air. Salah seorang anggota akan membuka pertemua dan lalu dilanjutkan oleh seluruh anggota pengajian untuk bertilawah quran secara bersamaan. Setelah tilawah selesai lalu dilanjutkan dengan tausyiah atau nasihat atau berbagi pengalaman singkat dari salah seorang anggota kajian. Waktu itu kalau tidak salah ingat, saya lah yang mendapatkan giliran untuk memberikan pengalaman singkat tersebut.

Kota Bangor sendiri tidak terlalu jauh dari Belfast. Bisa ditempuh selama kurang dari 40 menit jika menggunakan kereta api. Saya dan keluarga berangkat dari City Hospital dan turun di station terakhir, yaitu Bangor train station. Dari Station Bangor, saya sekeluarga dijemput oleh, Stephen, suaminya Teh Nia karena bus di Bangor pada hari Sabtu dan Ahad tidak terlalu banyak yang melayani rute dari station Bangor ke daerah rumah beliau. Jika menggunakan kendaraan sendiri, jarak dari station Bangor ke rumah beliau hanya kurang dari 7 menit berkendara.

Jika berjalan dengan keluarga, biasanya saya selalu menggunakan Family Ticket jika dan hanya jika harga return ticket lebih mahal untuk membiaya seluruh perjalan kami. Family ticket seharga 20 pound. Keistimewaan tiket jenis ini adalah tiket ini valid untuk satu keluarga yang terdiri dari 2 dewasa dan 4 anak anak. Tiket ini valid se northern Ireland baik menggunkana kereta api, bus kota maupun bus antar kota. Valid selama 1 hari suntuk.

Sepulang dari pengajian saya dan keluarga serta anggota pengajian lainya menyempatkan untuk mampir ke Hellen Bay. Sebuah lokasi pantai yang berada di pesisir teluk Belfast. Pantainya sangat bersih dan rapih. Bagusnya pantai ini adalah, bahwa ia terletak dekat sekali dari lokasi stasiun kereta api, Hellen Bay. Dari stasiun ke pantai ini hanya membutuhkan kurang dari 15 menit berjalan kaki.

Di lokasi ini juga terdapat taman hijau yang diberi nama Crawfordburn Country Park. Sebuah taman yang cukup indah dan hijau yang membuat mata terasa sejuk jika memandainya. Mendengar gemericik air anak anak sudah tidak tahan lagi untuk bersedia untuk menceburkan diri ke sejuk airnya. Walaupun saat itu bulan Agustus, masih musim panas, namun laut yang berada di Hellen Bay ini tetaplah dingin. Karena suhu tertinggi di Northern Ireland saat musim panas masih sekitaran 16’c.

Anak anak saya biarkan bermain. Mereka mencoba menceburkan diri ke sejuknya air laut tersebut. Sesekali saya bermain sepak bola dengan Muhammad yang sebelum berangkat tadi bola itu sudah ia siapkan. Azkiya dan Alifah mencoba membuat istana pasir sedangkan ibu mereka mencoba membantu mereka.

Jika anda berkunjung ke Northern Ireland, maka Hellen Bay ini layak untuk anda jadikan lokasi untuk anda kunjungi. Usahakan untuk mengunjunginya di musim panas karena suhu lebih terasa bersahabat bagi kita Indonesia yang berasal dari Negara tropis ini.

15067114006_f4a9c2abcb_o

Saya dan keluarga di depan Papan nama Crawfordburn Country Park

15090118355_03b6a1716a_o

Anak anak dan istri sedang bermain di pinggir pantai Hellen Bay

15090104665_375a41c19c_o

Saya, Muhammad dan Azkiya

14903433019_c7fccf4ec2_o

Muhammad, Alifah dan Azkiya

2 thoughts on “Berkunjung ke Hellen Bay

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s