Mengenali Journal menggunakan Google Scholar

Seorang Professor di kampus UR pernah melontarkan email bahwa ia disurati oleh penerbit terkait tulisan di konferensi beliau yang layak untuk dipublikasikan di jurnal yang dikelola oleh penerbit tersebut.

Beliau khawatir jangan jangan penerbit yang mengirimi beliau email adalah termasuk salah satu penerbit yang mempublikasikan artikel yang berkategori predator journal. Sekilas saya menangkap bahwa predator journal adalah sebuh journal yang dikelola oleh penerbit tertentu dan target yang mereka inginkan salah satunya yaitu mengeruk keuntungan dari penulis melalui publication fee/biaya penerbitan (ini masih definisi awal saya, bisa jadi tidak demikian kenyataanya namun inti pokok dari postingan saya kali ini bukanlah itu).

Sebenarnya tidak susah bagi seorang peneliti ataupun dosen untuk mengklasifikasikan apakah sebuah jurnal tersebut memiliki reputasi baik atau predator/pemangsa. Sebagai seseorang yang sudah lama berkecimpung dalam bidang tertentu, tentunya si penulis memiliki pengalaman mana sebenarnya jurnal yang betul betul jurnal ataupun hanya sebuah journal yang predator saja di bidang yang mereka geluti tersbut.

Cara lain yang bisa dicoba yaitu memanfaatkan fasilitas yang disediakan oleh google melalui https://scholar.google.com.

Menggunakan fasilitas ini seseorang bisa mendapatkan gambar apakah jurnal tersebut termasuk dalam list yang ditampilkan oleh google atau tidak. Sekilas saya lihat apa apa yang ditampilkan oleh google adalah jurnal yang bereputasi baik dan tidak terkategori sebagai jurnal predator.

Inilah yang saya lakukan saat berselancar menggunaka google scholar. Saat masuk ke google scholar lalu klik-lah bagian metric maka akan ditampilkan laman berikut:

Saya memilih kategori Bahasa Inggris dan memilih bagian engineering dan computer science. Lalu memilih sub kategori Power Engineering, sesuai dengan bidang saya. Maka ditampilkan laman sebagai berikut:

Laman diatas akan memunculkan 20 buah journal yang terkait di bidang Power Engineering, yang memiliki h5-index dan h5-median tertinggi. Sesuai dengan harapan dan dugaan saya, bahwa memang jurnal jurnal inilah yang populer di bidang saya, power engineering.

Silahkan untuk mensimulasikan journal di bidang anda masing masing untuk melihat apakah yang ditampilkan oleh google sama dengan pengalaman dan dugaan anda selama ini. Mudahan bisa menghindarkan diri anda dari jurnal predator dan bisa mempublikasikan jurnal yang bereputasi bagus dibidang yang anda geluti.

Leave a Reply

