Was Was, Siapa yang lebih baik dari Umar

Dikisahkan dari sejarah Umar bahwa pada saat kepemerintahannya dia pernah meminta orang orang datang ke masjid dan mengumpulkan mereka di sana. Ia menaiki mimbar dan memberikan khutbah singkat di sana. Kira kira bunyinya begini.

“Wahai manusia. Saya masih ingat benar bahwa saya dulunya selalu mengembalakan ternak dari ayahku dan juga ternak dari paman dan bibiku dari kalangan banu makzum. Tidaklah saya dapatkan upah dari mengembala ternak tersebut melainkan hanya segenggam kurma yang kusam dan kering. Terkadang saya harus bermalam sendiri di lembah sunyi itu dengan ternak ternaku. Benar benar sendiri tiada manusia lain selain aku dan Allah taala saja di sana”.

Setelah Umar turun dari mimbar, Abdurrahman bin Auf lalu bertanya “Ya amirul mukminin, apa inti dari khutbah singkatmu hari ini? Engkau kumpulkan orang orang hanya untuk mendengarkan kamu “merendahkan” dirimu”

Umar berkata, “Ada was was/bisikan yang berbicara dalam hatiku, Wahai Umar kamu adalah Amirul Mukminin, siapa yang lebih baik darimu sekarang? Karena ada Was Was inilah saya ingin mengembalikan diri saya ke asalnya bahwa saya dulunya juga pernah menjadi pengembala dan tidak perlu memandang lebih baik dari orang lain walau sekarang saya menjadi amirul mukminin.

Syaitan dengan was was nya selalu menyertai kita. Tinggal tugas kita adalah menyiapkan senjata agar bisikan bisikan yang melenakan jangan sampai membuat kita kalah. Saat kita berada di “atas” ingatlah bahwa dulunya pernah berada di “bawah”. Jika sekarang jadi pemimpin ingatlah dulu pernah jadi yang dipimpin sehingga sifat angkuh merasa diri lebih baik tidak timbul di dalam hati.

Leave a Reply

