Kemampuan membaca pesan dari sebuah tulisan.

Saya pernah memposting sebuah tulisan yang terkait iklan lowongan pekerjaan yang terdapat di PT CPI. Proses rekruitmennya menggunakan jasa dari P2K2 Universitas Riau. Posisi saya di posting tersebut adalah membantu menyebarkan lowongan tersebut. Tentu saya tak ada kaitannya sama sekali dengan PT CPI sebuah perusahaan minyak terbesar yang menarik banyak lulusan sarjana untuk bekerja di sana. Konon karena gajinya besar.

Namun ada saja pembaca yang tidak menangkap pesan dari tulisan lowongan pekerjaan tersebut. Diantara salah tangkapnya adalah sebagai berikut:

  1. Lamaran ditujukan ke email saya, padahal seharusnya ke PT CPI atau ke Universitas Riau
  2. Ada juga yang memasukan lamaran melalui fasilitas komentar blog ini, tentu yang ini lebih parah lagi.
  3. Cukup menarik juga ada juga pembaca yang menanyakan bahwa ia sudah memasukan lamaran kerja praktik (ini mahasiswa akhir tahun nampakna) dan ingin tahu tentang berita terbaru lamarannya. Pertanyaan ia tujukan ke email saya dan terkadang ada yang menanyakan hal demikian ke kolom komentar di blog ini.

Saya tidak tahu apakah tulisan iklan tersebut sedemikiannya sehingga membuat para pembaca salah tafsir alih alih memasukan bahan lamaran ke alamat yang dituju malah mengirim email ke saya atau ke kolom komentar.

Agaknya kemampuan membaca pesan sangat diperlukan dikarenakan jika si pembaca tidak tepat dalam membacanya akan rugi sendiri. Misalnya, kan gak mungkin saya yang menyeleksi lamaran tersebut dikarenakan saya kan dosen UR bukannya petugas seleksi dari PT. CPI atau pengurus P2K2 UR, jikapun dikirim ke email saya maka tidak ada gunanya. Terkadang jika ada yang mengirim ke email saya akan saya usahakan untuk menyarankan ke pengirim agar membaca baik baik informasi terkait lowongan tersebut sehingga si pengirim tidak merasa rugi karena salah alamat.

Leave a Reply

