Kebersihan adalah sebagian iman

Selama 4 malam di Eindhoven, 2 malamnya saya sempatkan berbuka di masjid fatih. Sebuah masjid sederhana namun indah sekaligus bersih.
Berbeda dengan masjid yang lazimnya, pertama anda memasuki masjid ini maka anda akan disambut oleh tempat wudu nan bersih dan rapi.

Saya rasa tata letak seperti ini sangat logis dikarenakan wudu adalah wajib sebelum melaksanakan sholat. Dengan adanya lokasi wuduk di ruang masuk tersebut maka sudah pasti diharapkan anda berwuduk dulu sebelum masuk ke ruang utama masjid.

Agaknya masjid ini menjalankan betul ajaran bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman. Sebagian ulama mengaitkan hadist ini wuduk/berbersih sebagian dari iman lalu sebagiannya lagi dilanjutkan dengan ibadah sholat maka jadilah iman itu penuh.

Saya teringat sebuah iklan di televisi bagaimana sebuah fabrik sabun datang ke sekolah sekolah agar anak anak SD terbiasa mencuci tangan mereka.
Sejak kecil Amak telah mengajarkanku mencuci tangan melalui wuduk jauh sebelum iklan sabun ini hadir di kotak kaca rumah.

Amak juga mengajar untuk beristinjak dengan benar menggunakan air agar bisa bersih dari hadas tersebut. Entahlah mungkin barat akan mengkampanyekan penggunaam air karena selama ini mereka menggunakan tisu. Lalu kita tahu, bahwa apa yang dikampanyekan barat adalah yang benar namun padahal hal itu sudah ada dari lama seperti iklan cuci tangan dengan bersih yang baru tayang kemarin hari namun berwudu sudah hadir sejak perintah sholat dianjurkan.

image

Sultan sultan saat pemerintahan era Usmani.

image

Tempat wudu masjid fatih Eindhoven.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s