Manfaat Menghadiri Konferensi?

  1. Menemukan dan menentukan area ketertarikan riset

    Biasanya seseorang datang ke konferensi sudah punya topic umum tentang risetnya. Namun terkadang ia tidak yakin apakah topic yang sedang ia kerjakan betul betul adalah minat utamanya. Dengan menghadiri konferensi dan mendengarkan orang lain memberikan presentasi terkait topic yang berbeda maka mungkin dari situ terbuka untuk mendapatkan topic baru. Jika kita suka dengan presentasi orang lain tersebut, maka berbahagialah dan jika tidak tertarik juga tidak mengapa bukan.

  2. Mendapatkan umpan balik dari riset yang telah dikerjakan

    Saya sudah memasukan empat paper di konferensi internasional, semua paper saya mendapatkan umpan balik dari para reviewernya. Sebagian umpan balik ada yang membuat senang ada juga cukup keras. Tidak mengapa keras, karena dengan begitu kita akan bisa memperbaiki riset kita yang masih perlu ditambal tersebut. Syukur jika sudah diperbaiki dan dibuat lebih paripurna maka lebih layak untuk dimasukan ke dalam jurnal paper.

  3. Mengukur diri dengan reviewer

    Untuk beberapa konferensi, maka tak jarang akan anda temukan bahwa ada pemakalah lain bahkan professor terkenal memberikan presentasinya. Dari presentasi yang mereka berikan itu kita bisa mengukur di mana posisi kita dibanding dengan professor yang terkenal itu misalkannya. Anda akan merasa sangat sangat bahagia jika mendapati bahwa apa yang disampaikan oleh professor yang terkenal misalnya tidak jauh jauh amat dari apa yang anda sampaikan. Terkadang para professor ini juga mendapatkan pertanyaan pertanyaan dari audiens yang tentunya cara ia menjawab pertanyaan itu akan berguna bagi kita jika ditanya hal yang senada.

  4. Waktu untuk mengembangkan jaringan

    Ini sangat penting bagi orang teknik yang katanya tidak terlalu bagus untuk skill berkomunikasi atau mengembangkan jaringan. Orang teknik cenderung bekerja dari pada berinteraksi social? Entahlah, namun saya merasakan terkadang kendala bahasa membuat bualan saya merasa belum diterima jika bersenda gurau dengan orang lain menggunakan bahasa asing. Jika pun lawan bicara memberikan mimik yang bersahabat namun terlihat agak terlambat. Mungkin karena merasa tidak enakan maka lawan berbicara akan mengangguk angguk atas apa yang saya bualkan untuk menghormati saya. Atau apa dikarenakan kami sama sama tidak bisa berkomunikasi? Jadi, ini adalah masa yang tepat untuk mengasah kemampuan komunikasi dan membangun jaringan anda. Di sini akan anda temukan berbagai ragam orang. Saya senang melihat orang spanyol, Italia dan beberapa negara Eropa Timur yang berbahasa inggris dengan suara nyaring. Melihat orang India, Jepang dan China dengan logat inggrisnya yang terkadang saya kesulitan untuk mengerti. Di sinilah saya melihat para pelajar Jepang berpose ala filem kartun yang mereka gandrungi namun saat sang sempai melewati, mereka akan berubah pose sesopan mungkin. Di sinilah tempatmu untuk menemukan orang, bahwa ternyata bukan kamu saja yang kesulitan untuk mencari makan halal karena ada orang lain yang sudah memberitahukan kalau ia vegetarian namun sang panitia lupa menyiapkan makanan mereka. Akan ada saja orang yang ingin berfoto dengan kamu, mungkin karena postur dan roman mu yang berbeda dari mereka? Dan akan ada saja pelajar dari perguruan tinggi yang sangat terkenal bakal mengemail kamu untuk mengatakan bahwa ia pernah bersama denganmu saat konferensi lalu ia minta luang waktu diskusi via email terkait risetnya dikarenakan kamu menggunakan metoda, alat dan bahan yang sama. Di saat itu terjadi, anda akan merasa: saya tidak salah sekolah di kampus ini dan itu dan menggunakan alat ini dan itu dan menekuni bidang ini dan itu.

  5. Menimbulkan inspirasi

    Betul, inilah tempat untuk kembali menimbulkan inspirasi karena di sinilah sebagian kecil pengetahuan dibagi secara gratis serta pengalaman dan interaksi social saling dipertukarkan. Belajar dari pengalam dan pengetahuan serta pengalaman social selalu dapat menimbulkan inspirasi bukan.

     

    Sumber: IEEE Potensials Magazine May 2015

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s