Mendapatkan Grant dari Queen’s University Travel Scholarship

Supervisors sudah tahu sejak awal bahwa saya tidak dibekali dengan biaya publikasi oleh sponsor baik publikasi di konferensi maupun di jurnal. Sampai saat ini saya sudah didanai penuh sebanyak 3 perjalan ke luar UK, yaitu ke Jerman, Republik Irlandia dan ke Rumania. Dana dana itu, beliau dapatkan dari riset kluster dan saya cukup beruntung ternyata riset kluster masih sanggup untuk mendanai PhD student untuk berangkat ke konferensi di luar UK.

Menghadiri konferensi menurut saya membutuhkan biaya tidak sedikit. Selain biaya pendaftaran dibutuhkan biaya tiket dan penginapan tentunya. Saat mengunjungi Jerman dan Rumania bahkan saya harus terbang dulu beberapa bulan sebelum waktu keberangkatan untuk mengurus visa. Lagi lagi, saya masih beruntung karena segala biaya untuk pengurusan visa ke London sanapun tetap ditanggung oleh pembimbing dan riset kluster.

Untuk konferensi kali ini saya mencoba meringankan pekerjaan/pembiayaan dari pembimbing dengan memasukan paper ke konferensi di Belanda. Alhamdulillah dua paper saya diterima untuk oral presentasi pada tanggal 29 June-2Juli 2015 nanti, insyaallah jika umur saya panjang. Dipilihnya Belanda bukan tanpa alasan. Alasan utamanya adalah konferensi ini termasuk konferensi dua tahunan yang terbesar. silahkan lihat linknya di sini. Sedangkan alasan lainnya adalah saya tidak membutuhkan visa untuk ke Belanda. Sehingga tidak perlu pengeluaran biaya untuk pengurusan visa. Alasan lainya adalah ingin menengok seperti apa asal usul orang orang yang pernah menapakkan kakinya di bumi pertiwi ratusan tahun lalu.

Lagi lagi, menimbang bahwa supervisor telah membantu banyak, akhirnya sayapun mencoba memasukan aplikasi university travel scholarship. Linknya bisa di lihat di sini. Aplikasi saya masukan akhir Januari 2015 lalu. Alhamdulillah nama saya dinyatakan lulus sebagai penerimanya untuk pembiayaan tiket penuh dan uang makan sebesar £ 20 per harinya. Lumayan dan bersyukur.

Sedangkan untuk pembiayaan lain seperti hotel dan biaya pendaftaran, saya sudah mendapat kabar dari sekretaris riset bahwa ia telah mendaftarkan nama saya. Dan sayapun sudah mendapatkan konfirmasi dari panitia bahwa proses registrasi saya sukses. Next, mempersiapkan diri untuk presentasi dan melanjutkan riset dan menulis riset dalam bentuk yang layak disebut laporan tesis PhD. Untuk urusan yang terakhir ini, saya sudah mengansurnya dan sudah mendapatkan umpan balik atas tulisan saya untuk bab 3 dan bab 4. Mendapatkan umpan balik berarti, kerjaan bertambaha lagi bukan? Tak lain yang layak dilakukan selain berusaha terus dengan segala batasan yang ada dan diiringi dengan doa.

Leave a Reply

