ABDULHAMID II, REL HIJAZ, ABRAHA DAN AL AZIZ

Di tahun 1900 Khalifah Abdulhamid II dari Turki pun memulai pelaksanaan jalur kereta api dari Istanbul dan berakhir di madinah untuk menghubungkan kota suci di makkah dan madinah dengan kota politik dan pemerintahan di Istanbul. Selain itu, jalur rel hijaz inipun bertujuan pula untuk mempermudah pelayanan transportasi pelaksanaan haji.

Dengan didisainnya rel kereta api hijaz lebih sempit dibandingkan rel kereta api di eropa, Abdulhamid berharap, jika suatu saat nanti seandainya turki utsmani terjatuh di tangan imperalis eropa, maka dia akan merasa yakin bahwa kereta api eropa tidak akan bisa menggunakan rel tersebut untuk menginvansi makkah dan kota suci lainya. Inilah upaya yang ia lakukan sebagai pelayan kota suci waktu itu. Memastikan kota suci tidak akan pernah berada di bawah ancaman apalagi dijajah.

Itulah usaha anak manusia yang bernama Abdulhamid yang harus diapresiasi secara penuh, namun tentulah Allah memiliki scenario dan tentunya skenarionya jualah yang berlaku jika usaha makar tetap dilakukan terhadap apa apa yang ia sucikan.

Tidakkah kita membaca sejarah bahwa tentara bergajah pernah menginvansi ka’bah di makkah dan orang orang makkah mengatakan ke abraha bahwa mereka lebih merisaukan hewan ternak mereka yang dirampas oleh tentara abraha ketimbang kehancuran ka’bah yang sudah berada di depan mata. Ini bukan sikap tak peduli dengan ancaman yang mendera ka’bah. Ini adalah sebuah keyakinan dan keyakinan itu mereka ungkapkan dengan perkataan bahwa ka’bah akan aman karena pemiliknya yang Maha Perkasa itu adalah sebaik baik pelindung. Buktinya, Sang Maha Aziz itu hanya mengutus sebangsa burung kecil untuk meluluhlantakkan dan merontokan para tentara bergajah dan penjajah ini layaknya senjata kimia meluluhlantakan benda benda kuat lainya.

‪#‎SambilNyicilThesis‬

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s