Jual Beli Online dan Charity

Pindah ke Belfast maka pola sayapun berubah. Saya mengikutinya dengan mengalir begitu saja selagi hal hal tersebut tidak bertentangan dengan prinsip saya.

Sesuatu yang biasanya dilakukan secara tradisional sekarang harus dilakukan secara gaya orang sekarang. Semisal berbelanja, kebanyakan berbelanja di sini menggunakan sistem online. Banyak sistem online yang sangat terkenal yang tak perlu saya sebutkan tentunya. Bahkan toko toko yang bergerak secara konvensionalpun saat bersamaan mereka juga melayani online.

Selain berbelanja secara online ini, sayapun mencoba berjualan secara online. Situs online yang saya gunakan adalah gumtree, yang bisa anda layari di sini. Untuk menggunakannya anda diperlukan membuat akun. Tidak rumit dan ribet hanya beberapa menit saja proses registrasi sudah bisa anda gunakan.

Saya menggunakan situs online ini menjual beberapa barang saya dan Alhamdulillah semua yang saya tawarkan laku semua. Alasan saya menjual beragam, salah satunya barang yang pernah dibeli tidak sesuai dengan yang diinginkan. Saya pernah membeli sebuah travel bag nah ternyata setelah dikirim ke rumah ukurannya terasa sangat kebesaran akhirnya saya menjual ulang ke gumtree.

Sedangkan barang lain yang saya jual adalah barang bekas. Barang ini saya jual setelah tidak ada lagi teman Indonesia atau kenalan lain yang berminat untuk mengambilnya. Dengan dijualnya barang barang tersebut maka rumah menjadi terasa lapang.

Untuk barang barang yang bisa disumbangkan ke badan amal, sayapun biasanya memasukan ke box box besar yang banyak tersedia di pinggir jalan di Belfast ini. Di jarak 300 m dari rumah saya, ada 4 box box besar ini. Biasanya barang bekas yang disetor oleh warga akan dikirimkan ke orang yang membutuhkan sebagai charity terutama ke daerah atau Negara lain yang sedang dalam konflik atau dilanda kemiskinan.

Belfast Islamic center juga mengelola charity box ini. Jadi jika ada jamaah yang memiliki barang yang layak pakai namun tidak lagi digunakan, maka bisa disumbangkan ke sana. Nantinya pengurus BIC yang akan meneruskan amanah ini ke pihak pihak yang dirasa layak dan perlu menerimanya.

Leave a Reply

