Pindah Rumah dan Oil dari Pekerja Sosial

Akhirnya saya pindah rumah juga. Rumah yang sebelumnya saya putus kontraknya karena direncanakan pulang. Namun rencana tinggal rencana dan akhirnya saya memutuskan agar keluarga tinggal sampai beberapa bulan lagi (mungkin keluarga menemani sampai saya lulus saja…. Sambil berdoa semoga insyaallah sampai saya lulus hendaknya J ).

Ada juga hikmahnya pindah rumah karena bisa memiliki perbandingan. Beda halnya jika hanya menempati rumah itu itu saja maka tidak akan pernah tahu apakah rumah yang ditempati adalah yang paling nyaman atau tidak. Sebenarnya pindah rumah ini rada rada repot. Karena mengangkut barang dan lain sebagainya. Yang bikin repot sebenarnya adalah mencari rumah yang cocok dalam waktu singkat. Rumah lama, karena sudah saya terminate maka agency sudah mendapatkan orang pengganti, sehingga saat saya utarakan ke agency bahwa kepulangan saya tunda dan ingin meneruskan kembali ke rumah yang lama mereka berujar dengan berat hati bahwa rumah lama tersebut sudah deal dengan orang lain dan saya harus keluar pada tanggal 1 Maret 2015. Saya hanya memiliki 1 minggu untuk mencari rumah baru. Dengan konsekuensi jika tidak dapat rumah maka siap siap harus ngungsi ke tempat teman atau yang paling tidak harus ke penginapan.

Alhamdulillah, hanya dalam 2 hari saya langsung dapat rumah dan kunci sudah ada di tangan. Agency baru cukup baik pun landlord baru demikian. Mereka setuju lama kontraknya setidaknya 6 bulan dan harga deal untuk diturunkan dari tadinya ditawarkan 400 Pound menjadi 375 pound. Dibanding dengan harga rumah lama memang lebih mahal karena rumah lama dulunya hanya berkontrak 350 pund. Namun setelah saya bincang bicang ulang lagi dengan agency lama ternyata rumah lama sudah deal dengan orang tersebut sebesar 375 pound yang artinya sama dengan harga sewa rumah baru saat ini.

Secara fisik rumah baru ini sangat nyaman dan tenang. Lokasinya yang ditengah menyebabkan lebih hangat dibanding rumah lama yang berada di ujung. Akhirnya pindah rumah dengan lancar. Saya teringat pesan health visitor anak saya yang kecil jika ada kesulitan untuk jangan sungkan sungkan menghubungi dia. Dan dia sempat menanyakan jika saya butuh oil untuk heater/radiator maka iapun akan mengusahakan mencari bantuan untuk saya. Akhirnya beliau saya kontak dan menagih janji tentang oil tersebut. Dua orang pekerja social dari lembaga social mengunjungi rumah kami. Ia disambut oleh isteri. Saat pamitan dua orang pekerja social yang sudah lanjut usia itu mengatakan bahwa oil akan dikirim ke tanki yang ada di rumah paling lambat 2 hari lagi. Ternyata benar, setelah dua hari dinanti, oil sebanyak 300 L sudah diisi ke tanki belakang rumah. Biasanya 300 L ini bisa tahan untuk 3-4 bulan dan tentunya menghemat pengeluaran oil saya.

Oh iya bagi yang belum faham kenapa saya butuh oil dikarenakan sistem heating di Belfast bermacam macam ada yang menggunakan oil, menggunakan gas dan menggunakan listrik. Nah ada yang menyebutkan menggunakan oil lebih murah sedangkan menggunakan listrik sangat mahal sekali. Jika menggunakan gas, harganya di tengah tengahnya namun lebih efisien karena bisa di top up menggunakan voucher yang nantinya diketikan dikeypad meteran di depan rumah.

Leave a Reply

