Gambar Gambar Tempo Doeloe SMA Negeri 1 Pekanbaru

Saya menemukan gambar gambar lama SMA Negeri 1 Pekanbaru. Dulunya masih disebut dengan SMA Negeri Bagian B-C. Saya tidak ingat betul dari mana saya mendapatkan sumber gambar ini. Namun dari logo yang ada di beberapa gambar berikut tercantum logo Caltex Pacific Oil Company. Kemungkinan besar gambar gambar ini adalah dokumentasi dari Caltex. Perusahaan ini merupakan perusahaan penambangan minyak terbesar yang beroperasi di dearah Riau yang sekarang namanya sudah berubah menjadi Chevron Pacific Indonesia.

SMA Negeri bagian B-C baru berubah menjadi SMA Negeri 1 Pekanbaru pada 1 Oktober 1960 (Mohon ada yang memeriksa silang karena seingat saya, selalu diterbitkan untai tiras SMA Negeri 1 dan di situ tertulis sejarah SMA Negeri 1 Pekanbaru tentunya). Jadi, dipastikan gambar gambar ini tentu bertahun sebelum 1 Oktober 1960.

Saya sendiri bersekolah di sini dan tentunya pernah menempati bangunan yang sama di saat memasuki kelas 2 dan kelas 3. Saat saya di kelas 1, saya masih ingat bahwa saya menempati bangunan baru yang bersebelahan dengan pagar pembatas dengan SMP Negeri 1 Pekanbaru.

Selamat bernostalgia bagi para alumni SMA Negeri 1 Pekanbaru.

 

Gambar 1. Murid murid dan guru dalam ruang kelas SMA Negeri 1 Pekanbaru

 

Gambar 2. SMA Negeri 1 Pekanbaru tampak dari depan

 

Gambar 3. Suasana di dalam kelas SMA Negeri 1 Pekanbaru

 

Gambar 4. Bangunan SMA Negeri 1 Pekanbaru, saya menempati salah satu ruang kelas ini di saat kelas 2.2.

 

Gambar 5. Bangunan SMA tampak depan, saya menempati salah satu ruang kelas ini di saat kelas 3 IPA 2.

2 thoughts on “Gambar Gambar Tempo Doeloe SMA Negeri 1 Pekanbaru

  1. betul Cak, namun sekarang agak berat untuk menggalakan sepeda ontel di Pekan, ia hanya tinggal sebagai hobi bagi beberapa orang dalam komunitas saja. Mungkin dikarenakan suhu kota Pekanbaru yang sangat besar perubahan, rata rata real feel-nya: 45’c. Tahun 2013 lalu, saya baru merasa nyaman naik motor habis ashar menjelang maghrib dikarenakan suhunya cukup tinggi.

Leave a Reply

