BERSIHKAN DIRI DARI LUAR DAN DALAM DARI HAL YANG BERTENTANGAN

Ibnu Abi Hatim mengatakan bawha Abdul Malik al Maymuni mengatakan “Sepengetahuan saya, saya belum pernah melihat seorangpun yang mengenakan pakaian lebih bersih, yang lebih suka mencukur kumis dan merapikan rambutnya ataupun mengenakan lebih bersih dan lebih putih rapi dari pada Ahmad bin Hambal”. Hal ini dikarenakan setiap gerak gerik Ahmad bin Hambal berdasarkan sunnah, dan Ahmad bin Hambal pernah mengatakan “Saya tidak pernah menulis sebuah hadits kecuali saya mengamalkannya, dan sampailah saya ke sebuah hadits yang mengatakan bahwa rasulullah berbekam dan memberikan Abu Taybah (tukang bekam) sebuah dinar, Lalu sayapun, berbekam dan memberikan dina kepada pembekamnya”.
Suatu ketika ash Shafi’I berkeluh kesah kepada Waki’ atas buruknya daya ingatannya. Kemudian Waki’ menasihatinya agar menghindari perbuatan dosa, dan berkata “Ketahuilah bahwa ilmu pengetahuan adalah sebuah keberkahan dan keberkahan dari Allah SWT tidak akan digapai oleh pendosa”.

Karena itulah, adab kedua bagi penuntut ilmu adalah dianjurkan agar bersih dari luar dan dalam.

Jadi teringat, terakhir berbekam adalah tahun 2009 menggunakan tanduk kerbau. Ilmu bekam ini beliau dapatkan turun temurun dari datuk ke ayah lalu kepadanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s