Gagal di Beberapa Universitas Aussie dan UK

Test IELTS 5.5 tidak cukup untuk studi PhD di bidang elektro di Australia dan UK. Saya memang memasukan aplikasi S3 di 3 buah perguruan tinggi ternama di Australia (anggota G-8). Ketiga tiganya menerima saya dengan syarat bahwa skor IELTS haruslah minimal 6.5 dan minimum band adalah 6.0.

Impian untuk sekolah di tahun 2011 harus tertunda dikarenakan DIKTI mensyaratkan bahwa surat tawaran dari universitas tujuan harus tanpa syarat. Nasib yang samapun saya alami untuk beberapa perguruan tinggi di UK (Anggota Russel Group). Namun pengalaman mengirimkan aplikasi ke PT di UK ini cukup beruntung sebenarnya, karena rata rata PT di UK mensyaratkan saya agar menyediakan skor IELTS 6.0 tidak setinggi yang disyaratkan oleh Australia. Namu lagi lagi, nilai IELTS terbaru yang saya miliki adalah 5.5 tersebut yang tentunya tidak cukup untuk meluluskan saya untuk bersekolah baik di Aussie maupun di UK.

Orang yang cerdas adalah orang yang tahu kekurangannya dan mencoba menambal kekurangan itu dengan berusaha giat. Akhirnya niat sekolah saya tunda dan focus untuk menyempurnakan IELTS saya dengan lebih menyediakan waktu luang lebih agar bisa menguasainya dengan baik dan benar.

Leave a Reply

