SAAT DUKA MENGHAMPIRI DAN KESABARAN MENGHADAPINYA

Anak anak sudah bisa membaca al quran. Yang tua cukup lancar namun anak yang ke-2 dan ke-3 masih terbata bata. Tidak apalah. Jikapun terbata bata tentu pahalanya bertambah. Bukankah setiap huruf diganjar masing masing kebaikanya. Jika terbata bata maka akan banyak pula huruf yang terucapkan dan banyak pula hitungan kebaikanya, bukankah begitu?.


Saya dan Alifah di Kota Derry, Northern Ireland.

Doa doa pendekpun saya ajarkan. Setiap menjelang tidur, hampir tidak pernah alfa untuk mengulangi bagian akhir dari juzz amma yang pendek pendek itu. Terkadang saya yang mendengarkan hafalan mereka namun seringkali ibu merekalah yang harus banyak mengalah untuk bersabar menyimaknya.

Anak anak berdoa untuk diri mereka. Agar mereka sehat dan aman di rantau dan kuliah ayah lancar adanya pun mereka selipkan di doa mereka.

Lalu, terselip pula doa dari si kecil Alifah ini agar datuk dan nenek cepat sehat. Karena orangtua yang mulia hatinya ini meninggalkan begitu banyak jejak kebaikan kepada anak anak. Seringkali terselip juada kecil dibawah bantalnya, entahkah itu permen, susu kotak ataupun cokelat. Air mataku meleleh saat ia melantunkan doanya. Anak sekecil ini agaknya terlalu cepat untuk diberitahu akan sebuah kehilangan.

Berturut turut orang tua yang mulia itu menghadapNya. Setelah 4 Januari 2015 ibu mertua dipanggilNya lalu disusul 36 hari kemudian pada tanggal 11 Februari 2015 oleh ayah mertua.

Tak ada ungkapan yang layak selain doa yang tak henti hentinya untuk dilafadzkan.

Allahummaghfirlahum warhamhum waafihi wa’fuanhum.

Doa pula yang kami harapkan bagi sahabat pembaca yang berkesempatan singgah di laman ini mereka dikumpulkan bersama hambaNya yang saleh dan saleha di jannahNya.

2 thoughts on “SAAT DUKA MENGHAMPIRI DAN KESABARAN MENGHADAPINYA

    • Amiin, terimakasih atas doanya Cak. Kepulangan ditunda jadinya. Mengingat satu dan lain hal. Wish you every success with your goals, Cak. Greet your family for me, to Young Boy Ilyas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s