BINATANG DAN MANUSIA

Tahulah saya kenapa serigala memangsa domba yang sendirian. Karena begitulah pada dasarnya binatang. Para binatang tidak jantan adanya, menyerang saat si domba dalam keadaan lemah.

Namun pada manusia terjadi hal sebaliknya, jika manusia diserang bukan berarti karena manusia tersebut lemah namun itu menunjukan bahwa yang diserang adalah kuat. Indonesia diserang karena kuat sumber daya alamnya. Lalu, islam diserang dimana mana (Eropa, Amerika dan seluruh benua deh), menurut saya bukan karena Islam lemah namun karena ia dianggap kuat makanya diserang. Islam diserang dengan isu teroris. Dengan organisasi anarkis yang lalu menyebutnya bagian dari islam, layaknya: ISIS, Boko Haram, dll. Bagi saya, itu sama halnya, “orang lain merokok, islam terkena kanker paru parunya”. Organisasi anarkis itu yang berbuat tak seronok, islam menerima akibatnya, lagi lagi karena ia melabeli diri mereka dengan islam.

Contoh itu adalah serangan dari dalam yang bisa jadi diskenario oleh orang luar, wallahu a’lam. Karena saya tidak habis fikir bagaimana mungkin sebuah komunitas yang tertutup dari dunia luar dan moderen itu dan tidak mengetahui alat alat moderen begitu handalnya memainkan alat moderen yang lain semacam , Avtomat Kalashnikova, radio komunikasi dan bahan peledak. Siapa pula yang mengajarkannya. Lalu lihat pulalah serangan dari luar. Tak berhenti. Selagi jam konvensional masih berputar dan jam digital masih berkedip kedip maka serangan tentu masih ada dan saya berdoa agar serangan itu sirna hendaknya.

Lihatlah contoh yang terbaru, karena hanya jilbab saja maka seseorang akan diserang. Rumah saya di Belfast, UK ini sudah dua kali dilempar orang pakai telur. Lalu apakah istri dan dua putri putri saya harus berhenti berjilbab. Tadinya saya mengira bahwa penyerang adalah anak anak kecil yang lagi iseng. Jika sekali saja kejadiannya, maka saya boleh bersangka baik namun ini sudah dua kali. Tidak hanya itu, ternyata serangan juga dilancarkan ke masjid Belfast Islamic Center. Itu adalah serangan fisik. Jangan tanya serangan verbal. Sejak dari yang membuat telinga merah sampai yang membuat sakit di dada. Namun indahnya islam, saat tenang/bahagia kita diperintahkan untuk bersyukur, lalu saat diserang/diterpa bencana dianjurkan untuk bersabar. Serangan verbal dilakukan oleh orang orang biasa sampai pejabat luar biasa.

Bagi saya, sebelum bersabar, saya berusaha dahulu untuk menangkis serangan atau bahkan saya harus menyerang balik seperti dicontohkan oleh Ali. Setelah Ali dihantam dan dipukuli terus oleh foreman dibeberapa ronde awal akhrinya ali memberikan satu pukulannya yang menyebabkan ia kembali mengambil title juara dari tangan foreman di Zaire saat laga bertajuk rumble in the jungle itu. Akhirnya, jilbab harus tetap di pasang. Ke masjid harus tetap disempatkan. 4 hari dalam semingga anak anak selalu berjalan beriringan ke masjid untuk bertemu muallim british yang berasal dari pakistan itu. Tak ada rasa takut yang hanya rasa senang dan ceria karena akan mengaji di masjid kecil nan membawa ketengan itu. Hidup memang begitu, Jika ada halang rintang, itulah bagian dari kenyataan hidup . Selau ada kerikil di setiap jalan. Dan selalu ada onak dan duri di setiap linatasan. Bahkan di jalan raya saja ada lampu merah toh apatah lagi hidup. Jangan menyerah.

Allah SWT is sufficient for us.

6 thoughts on “BINATANG DAN MANUSIA

  1. Wah baru tahu pak kalau di Belfast seperti itu. Setahu saya, UK negara yang sangat toleran dan ramah dengan Muslim. Tetap sabar pak, kita tampilkan wajah Islam yang sejuk dan toleran.

    • Betul, tinggal di Belfast sangat menyenangkan sekali. Bahkan Belfast dianggap kota nomor 2 teraman di dunia setelah Tokyo. Namun tetap ada saja tangan tangan jahil dan politisi keseleo lidah yang ingin merusak semua hubungan baik itu. Suatu ketika Menteri Utama Northern Ireland melakukan permintaan maaf ke publik di Belfast Islamic Center (BIC) atas ucapan beliau dan beberapa tindak SARA yang terjadi di Northern Ireland dilakukan oleh oknum yang tak bertanggung jawab. Saat itu dia disambut oleh banyak orang dan sebagian orang itu ia kenal pula. Lalu beliau berkata, “Jika semua muslim ini pergi dari Northern Ireland bisa bisa rumah sakit kita menjadi kosong”. Mengingat para dokter di sini cukup banyak yang muslim dan aktip di BIC. Betul wajah Islam yang sejuk, penuh kasih sayang dan tegas itulah yang harus kita tunjukan ke siapapun mereka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s