LEMANG PULUT

Inilah salah satu tambue kawa/juada (makanan pencuci mulut) yang tak boleh dilewatkan saat merayakan hari baik dan bulan baik semisal nikah kawin. Ya, lemang. Bagi yang terbiasa melihat buluh lemang maka ybs akan mudah menebak jenis lemang ini. Ini adalah lemang pulut. Ia menggunakan buluo tolang (bambu talang). jenis bambu ini agak tipis namun beruas lebih panjang dari jika dibandingkan dengan bulo awu (bambu aur). Lemat pulut terbuat dari beras pulut/ketan yang berwarna putih. Gambar ini saya ambil saat bagholek (berhelat/pesta) adik saya. Siapa yang memasak lemang ini, ya mereka semua para dunsanak saya. Mereka yang bersuku piliang yang berpuak dekat dengan amak saya akan turun bersama sama untuk mengunggun (membakar) lemang ini. Yang jauh akan dijemput dan yang dekat akan didatangi untuk mensukseskan helat keluarga ini. Semua akan bersuka ria tertawa bersama menahan panasnya nyala api sembari menanti lemang untuk siap disaji. Salam dari negeri Melayu Tua.

Figure 1. Foto lemang pulut by Iswadi HR

2 thoughts on “LEMANG PULUT

  1. Saya pernah melihat langsung dan ikutan buat lemang, waktu ada acara homestay, jadi anak angkat orang desa untuk beberapa hari, di Perak Malaysia. Ternyata di Riau ada juga ya Pak? Dulu pernah ngeliat ada yang jualan di Kampung Melayu, Jakarta, tapi belum sempat beli, hehe. Kapan2 deh, saya pengen maen ke Riau, beli Lemang yang asli.

    • Betul Cak, Perak punya ikatan darah dengan perantau yang berasal dari Kampar, Riau. Karena itulah di Perak bisa dijumpai nama sungai dan kota yang bernama Kampar. Konon nama ini berasal dari perantau perantau yang berasal dari Kampar, Riau. Sungai Kampar, Riau inilah yang menghubungkan daratan sumatra ke selat melaka lalu menuju semenanjung sana. Saya tahu, beberapa dari orang orang sana masih sering mudik ke Kampar, Riau sini jika ada hari baik dan bulan baik karena masih punya leluhur di sini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s