Mengadiri UPEC 2014

Tanggal 1-6 September 2014 kemarin saya kembali mendapat kesempatan untuk memaparkan makalah saya di sebuah konferensi internasional. Perjalanan saya mulai pada tanggal satu dari Belfast international airport dengan tujuan ke Cluj-Napoca, Romania sana.

Saya harus singgah di London semalam karena pesawat koneksi tidak memungkinkan untuk melakukan perjalanan pada hari yang sama. Tiba di London luton malam harinya dan disambung dengan perjalanan lanjutan besok paginya.

Saya menginap di sebuah hotel yang jaraknya hanya 3 menit jalan kaki dari bandara Luton sehingga sangat memudahkan persinggahan saya.

Tanggal 2 September, perjalanan dilanjutkan menuju Cluj-Napoca, sebuah kota terbesar kedua di Romania setelah Bucharest. Menumpangi pesawat wizz air tiket ekonomi sehingga barang kabin sangat terbatas sekali. Bahkan ukuran barang kabin yang bisa dibawa kecil dibandingkan dengan easy jet. Namun berkat bantuan istri serta mempertimbangkan apa yang harus dibawa akhirnya semua kelengkapan bisa termuat dalam tas kabin yang sangat kecil itu.

Perjalanan 3 jam terasa lama karena perbedaan waktu yang 2 jam antara Cluj-Napoca dan kota Belfast. Namun perjalanan tersebut sangat membawa kesan, karena inilah pengalaman pertama menjejakan kaki di daratan timur eropa.

Panitia seminar sudah berbaik hati untuk membantu untuk mencarikan taksi saat saya tiba di bandara Cluj-Napoca. Ternyata dalam perjalanan yang sama ada beberapa penumpang yang datang ke Cluj-Napoca mempunya tujuan yang sama dengan saya, menghadiri seminar international tersebut. Panitia mengelompokan kami 4 orang dalam kelompok untuk selanjutnya diantar oleh supir taksi menuju hotel Grand Napoca, tempa seminar dan akomodasi yang akan saya gunakan selama 4 malam di sana nantinya. Salah satu penumpang, yang berasal dari salah satu universitas di Yunani berbaik hati untuk menanggung biaya taksi. Sambil berkata, I take care of it guys, dan dia tidak lupa menyelipkan bahwa ia adalah chair untuk seminar yang sama pada tahun 2017 mendatang (bukannya masih lama ya). Begitulah cara orang membangun jaringan. Berbuat baik sebaik dan sebisa mungkin sehinggan nanti dikenang kebaikannya saja.

Tutorial hari pertama diadakan di Cluj Arena, sebuah stadion sepakbola yang cukup megah di kota Cluj-Napoca. Sayang saya datang terlambat dan hanya bisa menghadiri sesi terakhir dari total one tutorial tersebut.

Fig. 1. Berpoto bersama ketua panitia, Prof. Dan D Micu (pakai Jas) dan peserta lain

Baru pada tanggal 3, 4 dan 5 september para perserta akan diberikan kesempatan untuk mempresentasikan makalahnya di depan perserta lain yang memilih minat penelitian yang sama. Bagi saya, ini menjadi momen baik untuk melatih kemampuan presentasi di depan orang banyak menggunakan bahasa inggris. Dan itulah yang sebaiknya dilakukan oleh peneliti. Mempresentasikan hasil penelitianya dengan harapan dapat masukan dari orang lain dan menjadi rujukan pula bagi orang lain jika yang kita buat berkualitas.

Fig. 2. Mempresentasikan Makalah di depan peserta lain

Saya dapat sesi hari terakhir. Presentasi di ketuai oleh Professor dari Jepang, Universitas Doshiha. Sayapun menyempatkan berfoto dengan beliau sebagai kenangan.