Kisah sebuah nama

Sejak lahir nama saya ya Iswadi HR, banyak yang bertanya apa artinya HR tersebut. Saya tak menyebutkan kepanjangannya karena memang seperti itulah tertulis di akte kelahiran saya dan di seluruh ijazah saya sejak SD sampai dengan S2. Dan saat ini pun saya menggunakan nama itu di kartu mahasiswa S3 saya.

Kerancuan akan terjadi saat mau publikasi karena biasanya publikasi menggunakan singkatan nama depan dan nama keluarga. Maka nama saya akan menjadi I. HR namun sering sekali nama saya dibalik menjadi HR Iswadi seolah olah HR adalah nama saya dan Iswadi adalah nama keluarga saya.

Di paspor nama saya ditulis Iswadi karena melalui aturan dari imigrasi nama tidak boleh mengandung singkatan. Saya katakan ke pegawai bahwa nama HR itu bukan singkatan namun seperti itulah nama saya. Namun akhirnya mereka tak mau menerima karena huruf konsonan berdekatan dua duanya maka bagi mereka itu adalah singkatan dan alhasil jadilah nama saya di passport menjadi Iswadi.

Jika mengurus perjalanan ke negara yang membutuhkan visa maka saya cukup menuliskan nama saya menjadi Iswadi Iswadi karena biasanya mereka membutuhkan nama depan dan nama keluarga. Sampai saat ini hal tersebut tidak masalah dan lancar lancar saja.

Penggantian nama di Indonesia tidak mudah jika dibandingkan di negara barat. Lihat saja bahwa orang orang barat mereka akan mengganti nama keluarga menjadi nama keluarga dari suami mereka semisal Hillary Clinton (Clinton ini nama keluarganya Bill suamai Hillary).

Walaupun dimudahkan untuk mengganti nama di Indonesia nantinya namun saya tetap akan menulis nama saya seperti sejak diberi oleh orang tua, yaitu Iswadi HR terserah orang mau menyingkatnya menjadi I. HR atau H.R. Iswadi selama orang tahu bahwa nama nama itu adalah merujuk ke diri saya dan pertanda sayang saya kepada orang tua yang telah memberi nama dan membesarkan saya.

Leave a Reply

