Mengurus Visa Romania

Salah satu paper saya diterima untuk dipresentasikan di UPEC 2014 Cluj-Napoca, Romania pada tanggal 2-5 September 2014 mendatang. Namun setelah saya kontak ke KBRI Indonesia di Romania ternyata pemegang paspor dinas juga memerlukan visa untuk berkunjung ke sana. Jadilah saya mencari segala persyaratan untuk keperluan pengurus visa tersebut.

Salah satu pegawai KBRI di Romania memberikan link aplikasi online untuk pengurusan visa tersebut yang bisa anda temukan di sini.

Setelah memasukan beberapa dokumen secara online, saya selalu mendapat perkembangan mengenai visa tersebut. Ada tiga kali saya mendapatkan email terkait data yang belum lengkap. Setelah data tersebut lengkap kedutaan Romania di London mengharuskan saya datang ke sana berbeda saat mengurus visa Republik Irlandia karena bisa diurus melalui pos namun kondisinya sama saat saya mengurus visa Jerman karena mereka mensyaratkan agar pelamar datang saat wawancara.

Saya bersyukur karena kampus Queen’s University Belfast membayar semua biaya tersebut dan bahkan tiket saya untuk berkunjung ke Cluj-Napoca September mendatangpun juga sudah dibelikan.

Sebagai pemegang paspor dinas, petugas menyuruh saya menandatangai selembar kertas berbahasa Romania, intinya menyatakan bahwa saya pemegang paspor dinas dan tidak dikenakan biaya seperti pemegang paspor biasa harus membayar 49 pound.

Pengalaman ini agak berbeda saat mengurus visa ke Jerman tahun 2013 lalu, dari informasi beberapa kawan, untuk mengurus visa Schengen, sebagai pemegang paspor dinas seharusnya dibebaskan biaya, namun entah mengapa saat mengurus visa Jerman petugas menyuruh saya membayar. Kata seorang kawan, itu dikarenakan tidak ada surat pengantar dari KBRI London makanya tidak dapat fasilitas gratis. Sudahlah, seharusnya tanpa surat itupun harusnya mereka tahu bahwa saya adalah pemegang paspor dinas karena di halaman muka paspor ditulis jelas jadi saya rasa tak perlu surat dari KBRI London pun mereka harus tahu itu.

Intinya beda negara maka beda administrasinya, namun mungkin juga dikarenakan saat pengurusan visa Jerman, badan yang mengorganisir pengurusan visa adalah VFS sedangkan untuk visa Romania ditangani langsung oleh consular mereka di London. Mungkin pihak VFS tidak mau ambil pusing apakah saya pemegang paspor dinas atau tidak dan agak berbeda dengan consular Romania mereka menerangkan ke saya bahwa saya tidak perlu membayar walaupun dari awal saya sudah berasumsi akan membayar.

Setelah mengurus ke London pada tanggal 12 August 2014 lalu saya sudah memperoleh visa saya lebih seminggu kemudian, tepatnya tanggal 20 August 2014. Akhirnya semoga perjalanan tulubul ilmi saya menambahkan ilmu dan keberkahan bagi diri saya dan orang sekitar.

 

Leave a Reply

