Yang Selalu Mengikuti

Dia diikuti oleh malaikat maut, hal mana yang membuatnya menjadi gelisah. Lalu dia berujar kepada kawanya “bantulah aku untuk mengirim diriku ke sebuah negeri yang sangat jauh agar malaikat maut ini tak mengambil nyawaku. Keberadaan malaikat ini yang beberapa hari ini menguntitku sunggu membuatku gelisah”.

Akhirnya kawanya yang satu itupun setuju untuk mengirimkan dia ke sebuah negeri yang jauh. Dan sampailah ia ke tujuannya yang sangat jauh di sebuah negeri yang untuk menggampainya membutuhkan perjalanan berlayar berhitung puluhan hari dan malam lamanya. Semakin jauh dari malaikat maut maka akan terasa aman baginya dirinya, begitulah kata di dalam hatinya berujar.

Setelah beberapa waktu berselang sang kawan bertanya kepada malaikat “kenapa engkau selalu menguntit kawanku yang dulu sehingga membuat ia cemas?”. Lalu berkisahlah malaikat bahwa dia mendapat perintah, bahwa yang bersangkutan akan tiba akhir umurnya, namun pun malaikat merasa kebingungan karena perintah ini terasa aneh baginya. Tertulis diperintah itu bahwa si fulan akan bercerai jiwa dan raganya nun di negeri yang jauh padahal si malaikat tahu bahwa si fulan ini adalah orang yang betah di negerinya dan tidak ada tanda tanda bahwa ia akan merantau jauh. “Karena itulah aku selalu menguntitnya karena tak mungkin bagi saya untuk menyalahi perintah itu”

Selang beberapa hari pertemuan kawan dan malaikat, terlihat seekor merpati hinggap di jendela, terikat segulung kertas kecil di kaki mungilnya, Sebuah kabar duka tentang kawanya nun jauh di rantau sana yang berniat menghindar maut namun sebenarnya takdir lokasi mautnya memang di sana.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s