Murah hatinya tukang penjual makanan

…anak anak merindukan sate ala kampung halaman. Terhasilkanlah sate berikut made in Belfast, sate yang lazim di dapatkan dari pedagang yang berkeliling dari pasar ke pasar di sepanjang sungai Kampar baik kanan maupun kiri sejak dulu kala sampai saat ini.


Biasanya tukang sate ini akan berdekatan dengan tukang es tebak pula, sehingga rasa pedasnya akan terobati oleh sejuknya es tebak. Mereka akan menyewa motor (sebutan untuk mobil) piangkok (jenis colt diesel L300 yang sudah diberi atap di belakangnya) untuk mengangkut galas itu dari pasar satu ke pasar yang lain. Subuh subuh mereka berangkat dan sesampainya di kaki lima tempat menggalas mereka akan memanaskan dandang yang berisi kuah kuning pekat nan berbau sedap itu.

Lalu tahukah kalian berapa harga sate ini se porsinya. Ia dihitung berdasarkan jumlah ketupat dan sate dalam porsinya. Pengalaman waktu di kedai kedai sate keliling di Airtiris dan Rumbio, Kampar sana masing masing dihargai Rp.1000 jadi untuk porsi 10 cucuk sate dan 2 ketupat cukuplah membawa Rp. 12.000 rupiah saja di tangan.

Saya selalu berterimakasih kepada tukang sate karena terkadang jika ada yang membeli setengah porsi saja, dengan uang Rp.6.000, merekapun tak keberatan menjualnya kepada si pembeli. 

Lalu, tak terbayangkan oleh saya jika tak ada satupun tukang sate yang mau menjual satenya perporsi, pertanyaan saya apakah Rp. 6.000 itu bisa menghasilkan sate di dapur anda? Atau Rp 100.000 bisa? saya rasa belum tentu bisa.

Tukang Warteg, Penjual nasi di Rumah makan mereka telah menolong kita yang tak sempat memasak dan memiliki uang terbatas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s