Memperpanjang paspor dinas via Atdikbud dan bagian konsuler di KBRI London

Dua pekan lalu saya memperpanjang paspor dinas yang saat ini saya gunakan untuk tinggal di UK. Setelah mendengar masukan dari beberapa teman akhirnya perpanjangan paspor dinas ini saya lakukan melalui pos. Walau ada juga teman yang menyarankan agar diperpanjang secara langsung ke bagian konsuler di KBRI London namun usulan itu hanya saya tampung saja mengingat perjalan ke London akan memerlukan biaya transportasi yang lebih. Jika diperpanjang langsung maka kekhawatiran paspor tersebut hilang atau rusak akan sedikit atau malah tidak ada namun ya itu tadi biayanya akan menjadi membengkak karena saya harus terbang menggunakan pesawat dari Belfast menuju London dan biaya tiket itu tentunya cukup besar bagi seorang mahasiswa yang mengandalkan topangan hidup dari beasiswa negara yang cukup untuk satu orang sedangkan saya di Belfast sini beserta keluarga besar.

Kekhawatiran paspor hilang atau rusak saat pengiriman sebenarnya tidak ada dalam benak saya, dikarenakan saya juga pernah mengirimkan paspor saya tersebut untuk mengurus visa Republik Irlandia. Waktu itu, setelah sepuluh hari segala kelengkapan visa Republik Irlandia saya kirim ke kantor kedutaan Irlandia untuk UK di London saya mendapat kiriman balasan dan paspor yang sudah ditempeli dengan visa Republik Irlandia tersebut akhirnya saya terima dalam kondisi yang baik. Sejak itu saya meyakini sistem kantor pos di UK ini layak untuk dipercaya selagi kita melakukan segala sesuatu berdasarkan syarat syarat yang mereka tentukan.

Berbekal pengalaman tersebut akhirnya saya memutuskan untuk mengirim segala syarat perpanjang paspor dinas tersebut melalui kantor pos saja. Untuk lebih afdolnya saya menghubungi salah satu staff atase pendidikan dan kebudayaan KBRI London mengenai kemungkinan apakah perpanjangan paspor tersebut bisa dilakukan melalui pos. Beliau membalas email saya dalam waktu yang singkat dengan menyakan bisa dan beliau juga melampirkan segala persyaratan yang harus saya kirimkan. Mendapat jawaban dari salah satu staff yang berdedikasi tinggi atas kerjanya tersebut saya sangat gembira dan bersegera mempersiapkan segala syarat yang disebutkan olehnya. Akhirnya persyaratan tersebut saya kirim sore hari pada tanggal 10 April 2014 dari kantor pos di depan kampus Queen’s University Belfast dan dengan tidak lupa menyertakan special delivery envelope balasan. Lalu, selang 5 hari kemudian pada tanggal 15 April 2014 saya sudah mendapatkan paspor saya sudah diperpanjang dan sampai kembali ke alamat saya dalam kondisi baik. Proses perpanjang ini sangat cepat karena tandatangan pengesahan dari pejabat konsuler di KBRI tertanggal 11 April 2014, artinya proses perpanjangan kurang dari satu hari saja.

Akhirnya, korespondensi melalui email saya akhiri dengan menyampaikan bahwa paspor sudah terima dengan baik dan saya tidak lupa menyampaikan terimakasih teruntuk yang bersangkutan dan segenap staff di atdikbud dan konsuler di KBRI London sana. Mudahan suatu saat beroleh kesempatan untuk mengunjungi London dan menyampaikan rasa terimakasih secara langsung. Insyaallah.

 

6 thoughts on “Memperpanjang paspor dinas via Atdikbud dan bagian konsuler di KBRI London

  1. wah enak pak. kami yang di mesir perpanjang visa harus mandiri hehe kecuali yang kolektif itupun pake dana tambahan🙂

  2. Pak, numpang tanya. Saya Kurniawan, sedang belajar di Sheffield Hallam University. Saya ingin perpanjang paspor melalui pos juga, namun saya kurang jelas mengenai syarat-syarat. Kalau boleh tanya, saya ada beberapa kekurangjelasan.
    1. Latar belakang foto apakah merah, ataukah putih?
    2. Ukuran foto apakah 3×4 cm ataukah 4×6 cm?
    3. Berapa jumlah foto yang diperlukan?
    4. Adakah syarat-syarat lain, selain formulir, paspor-visa, dan foto?

    Terima kasih banyak.

    Salam,
    Kurniawan

Leave a Reply

