Selamat tahun baru hijrah 1435 dan masehi 2014

Sudah tahun baru lagi. Ini sudah masuk tahun baru islam 1435 hijrah dan tak lama lagi akan tahu baru masehi 2014. Bertambahnya tahun maka bertambah pula lamanya saya di rantau. Teringatlah saya akan perjalan hijrah rasul saw. Ia, manusia tauladan itu, memberikan contoh nyata ke saya bahwa hijrah selain niat namun persiapan sangat diperlukan.

Tak terhitung kerap dan kalinya kaki kaki ini mendayung kereta ini dalam rangka mencari setitik ilmuNya dan tak kering bibir ini berdu’a agar tugas dan uang Negara ini terbayarkan adanya.

 

Ia dikejar kejar dari kampung halamannya di makkah untuk dibunuh namun beliau, tentu melalui pertolongan allah swt, bisa melewati segala aral dan rintangan tersebut dengan penuh perhitungan.

Mulai dari Ali RA yang menggantikan beliau, bersembunyi bersama Abu Bakar RA, mengatur suplai makanan untuk mereka berdua, menunjuk seseorang untuk menjadi informan beliau terkait kota makkah, mengupahi seorang yang bukan muslim sebagai penunjuk jalan karena beliau menempuh jalur yang tidak biasa ditempuh. Semua beliau melakukan persiapan hijrah dengan sempurna. Dan hasil akhirnya adalah ditangan allah SWT semata.

Ini memberikan pelajaran kepada diri ini bahwa untuk meraih sesuatu kita wajib berusaha sebagia rasul saw mencontohkan kepada kita, jika beliau ingin selamat sampai ke kota madinah, maka beliaupun melakukan persiapan yang seharusnya disediakan.

Kita ini semua dalam berhijrah, baik waktu maupun ruang, ada yang hijrah dari usia remaja ke usia dewasa, ada yang berhijrah dari desa menuju kota, dan ada yang berhijrah dari satu Negara ke negera lain untuk suatu keperluan.

Saya kebagian hal yang terakhir, berhijrah dari Indonesai ke Northern Ireland dalam rangkan tulubul ilmu. Tujuan diantaranya adalah melaksanakan tugas Negara. Diharapkan dengan bertambahnya ilmu bisa membawa kebaikan untuk pendidikan di tanah air nantinya. Selain tujuan menyelesaikan tugas Negara tentu ada tugas lain yang masih banyak dicita cita dan diidamkan. Namun sekali lagi rasul saw telah memberikan contoh ke saya bahwa hijrah butuh persiapan dan setelah itu allah swt lah yang menentukan hasil akhir. Namun du’a selalu untuk dilantunkan agar perjalanan itu bisa mencapai cita akhir. Sebagai mana salah satu diantara dua orang menasehati yang satunya, jangan takut dan jangan gentar bahwa sesunggahnya ada allah swt bersama kita.

Jika, kau berusha, lalu berdu’a dan yakin bahwa ada allah bersama kita lalu apa lagi yang kau takutkan?

2 thoughts on “Selamat tahun baru hijrah 1435 dan masehi 2014

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s