Membuat Visa Ireland

Saya berkesempatan lagi untuk mengunjungi negara orang. Kali ini negara yang akan saya kunjungi adalah Ireland. Ireland adalah negara yang berada di pulau Ireland. Negara ini menempati sebagian besar luas pulau tersebut. Sedangkan sisa pulu di bagian utaranya ditempati oleh Northern Ireland yang merupakan bagian dari United Kingdom layaknya: England, Scotland dan Wales di pulau England.

Walaupun saya berada pada pulau yang sama namun untuk ke Ireland saya tentu membutuhkan visa untuk masuk ke Negara tersebut. Bagi orang Indonesia yang tinggal di Northern Ireland dengan visa UK maka mereka tidak serta merta bisa masuk ke Ireland kecuali jika memiliki visa Ireland pula.

Ada berita gembira bagi pemegang passport Indonesia dan beberapa negara lainya. Untuk pengurusan visa cukup mudah sekali dan tanpa membutuhkan biaya. Biaya yang kita keluarkan hanyalah biaya pengiriman dokumen ke kedutaan Ireland di London serta biaya pengembalian ke alamat kita nantinya. Untuk biaya kirim dan biaya kirim kembali ke alamat kita hanya membutuhkan £ 6.2. Proses pembuatan visa ini memakan waktu 2 minggu lamanya dan dikirim ke alamat kita hanya dalam 1 hari saja sejak visa diterbitkan.

Tujuan saya membuat visa ini karena pada tanggal 2-5 september 2013 mendatang saya mendapat kesempatan untuk mempresentasikan artikel konferensi saya di sebuah konferensi internasional yang terindeks oleh IEEE tepatnya di Dublin Institute of Technology di kota Dublin yang merupakan ibukota Ireland. Momen ini nantinya akan menjadi momen yang bermanfaat bagi saya mengingat sudah lama sekali saya tidak pernah memberikan presentasi di depan kolega sebidang dan seilmu menggunakan bahasa inggris. Akhirnya, semoga perjalan dan helat yang akan dituju nantinya menjadi lancar adanya.

4 thoughts on “Membuat Visa Ireland

  1. Mas Iswadi, saya ingin mengetahui lebih lanjut mengenai pembuatan visa Ireland, dikatakan bahwa, passport harus dikirim ke kedubes Ireland di London. Apakah kirimnya dari Indonesia atau dari London?
    Kemudian, jika kami rencana mengunjungi UK tanggal 13 Des, dan sekitar tgl 26 ke atas ke Ireland. Bagaimana jalannya untuk visa tersebut? Makasih atas infonya.

  2. Mas Fajar, saya membuat visa Ireland dari UK karena saya sekarang tinggal di UK, jadi passport dan seluruh persyaratannya hanya dikirim dari kota tempat saya tinggal di Belfast UK ke kedubes Republic of Ireland di London menggunakan jasa pos. Namun jika mas Fajar ingin membuat visa Republic of Ireland dari tanah air, ada kemungkinan untuk mengontak kedubes Republic of Ireland (atau badan lain yang terkait visa/konsuler) di ibukota Jakarta.

    Untuk pertanyaan ke-2: menurut saya, merujuk tanggal kunjungan ke UK dan ke Ireland berdekatan ada baiknya untuk mengurus/mendapatkan visa ke dua dua nya sebelum tanggal 13 Des tersebut.

    Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

