Mensiasati tempat sholat di ruang publik

Terkadang berkunjung ke negara yang bukan mayoritas muslim atau negara yang tidak menyediakan ruangan khusus untuk sholat bagi pemeluk muslim di area publik juga harus menjadi salah satu perhatian bagi kita yang muslim. Area publik yang dimaksud di sini, seperti pusat perbelanjaan, bandara, stasiun, etc. Walaupun sarana untuk ibadah bagi muslim di area publik seperti di atas kebanyakan tidak tersedia, namun sebenarnya pengunjung yang kebetulan berada di lokasi saat waktu sholat masuk bisa mensiasatinya.

Kalau dalam perjalanan biasanya saya memperkirakaan kapan waktu masuk sholat lima waktu. Saat waktu itu masuk saya sudah berada di mana. Apakah dimungkinkan untuk berada di tempat yang memungkinkan sholat atau tidak. Misalnya dengan cara berhenti di sekitar masjid atau bahkan mampir di rumah teman saat jadwal sholat tersebut. Waktu saya berkunjung ke london pada tanggal 28 Maret 2013 lalu untuk keperluan pengurusan visa. Perjalanan dari London gatwick saya arahkan ke London bridge dengan menumpang train dengan ongkos 10.5 pound. Setelah sampai di London bridge berbekal oyster card yang sebelumnya memang sudah saya miliki perjalanan saya lanjutkan ke tube station di bond street. Ini saya lakukan karena lokasi bond street sangat dekat sekali dengan KBRI london. Hanya berjalan 5 menit dengan berjalan kaki. Setelah melihat lihat di sekitar bond street dan saat jam sudah mendekati waktu zhuhur kaki saya langkah kan ke KBRI. Tujuan utama adalah bersih bersih dan sholat. Akhirnya saya sampai di KBRI London dan menitipkan barang saya pada petugas. Setelah menukar student card saya dengan visitor card lalu saya menunju ruangan bawah di mana musholla dan kamar mandi berada. Setelah bersih bersih lalu bisa melaksanakan sholat zhuhur dan dijamak dengan ashar. Beruntung seorang teman pernah mengatakan kepada saya kalau KBRI juga punya kantin yang diuntukan juga bagi publik/pengunjung. Berhubung sudah waktunya makan akhirnya saya makan di situ tentunya dengan masakan Indonesia dan rasa serta kehalalannya terjamin.

Pengalaman teman di Belfast cukup bisa dijadikan pertimbangan bagi anda yang terperangkap saat waktu sholat di pusat perbelanjaan. Beliau dan keluarga sholat di ruang khusus untuk bayi/ibu menyusui. Ruangan ini bisa dikunci. Nah bagi anda yang mempunya bayi tentunya bisa menggunakan ruangan ini untuk sholat. Biasanya ruangan ini relatif bersih dan tentunya anda harus berbekal sajadah tipis yang ringan yang jauh jauh jam harus anda siapkan di dalam hand bag anda.

Saat saya di bandara Manchester pada 31 Maret 2013 lalu, saya melihat ada sebuah keluarga, sepasang suami istri dan beberapa anaknya yang masih kecil melakukan sholat di arena bandara international Manchester yang cukup luas itu. Mereka nampaknya sholat bergantian sehingga barang bawaan bisa dijaga saat yang lain sedang sholat. Untuk kenyamanan sholat nampaknya mereka memilih gate yang biasanya juga ada check in desk di dekat gate tersebut. Gate gate keberangkatan yang berjumlah ratusan tersebut tak selalu terbuka. Gate itu baru dibuka 30 menit menjelang boarding time. Artinya saat sebelumnya maka area di sekitar check in desk tersebut cukup sepi dan ruangan yang dibentuk oleh dinding dinding ruangan dengan check in desk akan menjadi sebuah ruangan yang cukup nyaman untuk sholat. Bagi anda yang tidak membawa sajadah, rasanya koran koran gratis tersebut cukup bisa digunakan untuk alas sholat anda.

Saya belum mencoba menggunakan area tersebut. Karena sebelum berangkat saya sudah menjamak sholat zuhur dan ashar saya saat masih berada di kota Manchester sebelum keberangkatan ke Bandara.

Area di sekitar check in desk di Gate 141 Manchester Airport yang cukup sepi sebelum boarding bisa dijadikan untuk tempat sholat.

Area di sekitar customer service desk ini juga bisa untuk dijadikan ruang sholat. Namun biasanya selalu ada petugasnya. J

4 thoughts on “Mensiasati tempat sholat di ruang publik

  1. saya pernah sholat di dalam museum di Liverpool sambil duduk. Btw: ngurus visa buat keluarga ya pak? wah senangnya sudah mau boyong keluarga. mudah2an dimudahkan segala urusanya pak🙂

Leave a Reply

