Tak Amannya Website Beasiswa Terpadu DIKTI

Sekali ini saya terpaksa menulis sesuatu yang bukan bidang saya. Saya sangat setuju jika ada yang mengatakan kalau saya bukanlah ahli untuk yang satu ini, bahkan untuk bidang yang saya geluti pun saya merasa sangat sangat belum tahu apa apa. Namun saya rasa tak akan ada yang protes jika saya katakan kalau saya adalah salah satu penyuka terkait bidang yang akan saya tulis ini.

Sudah saya baca postingan teman di beberapa milist maupun group jejaring sosial yang saya ikuti bahwa situs beasiswa terpadu DIKTI di http://studi.dikti.go.id/study/index tidak cukup aman. Kelemahan pertama, datanya mudah untuk dibobol terutama halaman yang diperuntukan untuk tiap tiap karya siswa. User name merupakan kombinasi huruf dan angka yang mudah ditebak sedangkan password bawaannya sama untuk semua karya siswa.

Singkatnya jika di perguruan tinggi saya ada 2 orang karya siswa maka user login kami akan mirip. Misalkan user login saya adalah bln012100 maka dengan menambahkan atau mengurangi angka pada user name tersabut menjadi bln012101 atau bln012099 maka kita sudah mendapatkan user login dari rekan kita yang berasal dari perguruan tinggi asal. Jika rekan kita belum merubah password loginnya maka dengan memasukan password bawaan yang sama untuk karya siswa maka saya sudah bisa masuk ke halaman rekan saya. Bahkan jika anda mencoba coba kombinasi angka yang berbeda bisa saja anda akan masuk ke halaman karya siswa lain yang berasal dari perguruan tinggi lain.

Kelemahan ke dua baru saya temukan belakangan ini karena sebelumnya cukup baik. Metode pencarian rekap penerima beasiswa hanya bisa mengindek nama karya siswa dan institusi/perguruan tinggi asal, namun kita tidak bisa untuk mencari negara atau universitas di mana karya siswa menjalani studinya. Versi sebelumnya malah lebih bagus, yaitu kita bisa mencari apapun yang ingin kita temukan terkait rekap penerima beasiswa, baik nama, institusi asal, negera tempat pendidikan, maupun universitas tempat pendidikan. Sayang karena tool pencarian malah dirubah namun tak sehebat sebelumnya.

Jika ada karya siswa di belahan Eropa misalnya ingin mencari karya siswa yang lagi studi di belahan Amerika sana maka ia tidak bisa berharap banyak dari tool pencari pada rekap penerima beasiswa di situs ini.

Mudahan situs ini kedepannya lebih baik lagi.

Leave a Reply

