Rindu Orang Tua

Sudah beberapa kali saya meninggalkan keluarga. Sejak saya masih belum punya anak, saat punya anak satu, saat punya anak dua dan saat punya anak tiga. Waktu yang terlama saya meninggalkan istri adalah saat sekolah di ITB Bandung sejak 2005-2007, kurang lebih 5-6 bulan di Bandung lalu saya pulang ke Pekanbaru maupun Kampar.

Saat punya anak saya pernah juga berpisah dengan mereka 1-2 bulan lebih. Terakhir ini adalah perpisahan yang sangat lama saat anak sudah 3 orang dan masih kecil kecil semua. Kerinduan itu sudah pasti sangat terasa hebat. Akibatnya waktu terasa begitu lama sekali. 4 bulan jauh dari keluarga serasa sudah begitu lama. Anak yang kecil yang saya tinggalkan dari belum bisa berbicara sekarang sudah mulai bicara satu dua patah kata. Rindu, hanya itu yang dirasakan. Rindu akan tawa riang mereka dan rindu untuk mengasuh mereka.

Hal inilah yang dirasakan oleh orang tua saya tentu dulunya. Bahkan mereka hanya berkumpul sesaat dengan kami. Tamat SD abang saya sudah merantau ke Bangkinang dan Jakarta. Tamat SMP saya meninggalkan kampung menuju Pekanbaru, Semarang, Bandung dan sekarang di Belfast. Adik saya saat lulus SMA langsung berpisah dengan orang tua karena kuliah di kota Pekanbaru. Apa yang saya rasakan sekarang tentu tak sehebat yang dirasakan oleh orang tua saya. Semua anak anak mereka merantau dalam rentang waktu lama. Selama saya di rantau hanya sekali setahun saya pulang dan terkadang hanya sekali dalam dua tahun. Tentu rindu yang bukan kepalang yang mereka rasakan. Saat saya merasakan hal yang sama ke anak dan keluarga saya maka bertambah tahulah saya bahwa orang tua kami sangat mencintai dan merindukan kami terutama saat kami jauh dari mereka. Merindukan anak karena menuntut ilmu insyaallah diganjar kebaikan oleh yang mahakuasa hendaknya, itu yang dikatakan almarhum ayah saat mengobati hati amak gelisah karena rindunya tiada tara.

 

Leave a Reply

