Masak: Kegiatan selingan saat di Rantau

Banyak cara yang dilakukan seseorang dalam mengisi waktu di luar kegiatan rutin lain. Sebagai student tentunya waktu saya banyak dihabiskan di Kampus. Namun, selama di Belfast ini saya juga menyempakan waktu yang ada dengan tidak menyia nyiakanya. Salah satunya yaitu mengisi waktu yang ada tersebut dangan memasak makanan sehari hari. Alhmadulillah fasilitas dapur yang ada sangat mendukung antara lain: kompor listrik, oven listrik, microwave dan water heater.

Peralatan Masak

Biasanya saya memilih waktu bagian pagi untuk memasak karena biasanya saya akan pulang agak malam setelah kegiatan kampus selesai. Kadang setelah sholat Isya di masjid baru saya pulang ke rumah setelah hampir seharian di Kampus. Selain itu, pada pagi harinya dapur selalu kosong karena rata rata student lain yang menempati akomodasi kampus ini masih tidur. Biasanya setelah sholat subuh kegiatan masak ini saya lakukan sehingga saya tidak harus berdesakan dengan penghuni lainya di dapur.

Dapur dan Ruang Makan

Satu dapur ini digunakan untuk semua penghuni. Ada 6 penghuni yang menggunakan. Bisa dibayangkan kalau digunakan bersamaan maka dapur akan terasa sumpek dan kegiatan memasak terasa tak nyaman lagi.

Ayam dimasak Oven

Telur dadar

Dendeng Basah.


Oven


Kentang dimasak Oven

Dengan memasak makanan sendiri saya rasa ada sedikit keuntungan. Pertama saya bisa menjamin kehalalan makan tersebut mengingat makanan disini menggunakan beberapa bahan yang tidak dibolehkan bagi agama yang saya yakini, antara lain: alkohol, daging yang tak halal ataupun daging yang tak disembelih secara halal. Keuntungan kedua, saya bisa bereksperimen dengan rasa dan selera sesuai keingin lidah saya dan yang terakhir adalah saya merasakan harganya lebih murah jika dibandingkan membeli makanan jadi di toko makanan atau resotran. Sebagai gambaran, harga kebab satu porsi 4-6 Pound. Ukuran satu porsi ini sebenarnya cukup besar. Bisa untuk dua orang sebenarnya. Dengan menggunakan uang sebesar 4-6 pound tersebut kita sudah bisa beli ½ kg daging sapi halal atau 1 kg ayam halal yang bisa dipergunakan untuk lauk beberapa hari. Kegiatan masak ini juga tidak menyita waktu banyak karena saya hanya masak untuk satu orang. Biasanya hanya memakan waktu kurang dari 1 jam. Jika lauk yang ada masih bersisa maka bisa saya hangatkan dengan microwave untuk dinikmati sebagai hidangan makan malam.

Satu porsi mix kebab (Chicken and Lamb ) dari kedai Indian Jaipur Kebab di Belfast.

2 thoughts on “Masak: Kegiatan selingan saat di Rantau

  1. Assalamualaikum pak. Saya Yakub Jonathan, Mahasiswa Teknik Elektro 2010. menurut saya , bapak sangat pandai me-manage waktu bapak slama studi bapak. saya sangat terinspirasi dengan bapak. semoga bapak dapat menyelesai study bapak dengan baik dan berprestasi dengan membawa nama harum Indonesia umumnya dan Unri Khusus nya. dan juga semoga bapak semakin sukses. amin..

Leave a Reply

