Suka dan tidak suka

Pada diri manusia terdapat sesuatu yang berlawanan. Suka dan tidak suka sebagai salah satu contoh. Berangkat dan pulang adalah salah satu hal yang berlawanan secara arah. Berangkat, meninggalkan titik tolak sedangkan pulang menuju titik tolak. Kalo ditanya anak anak sekarang, hal yang membuat mereka tidak suka, salah satu jawabannya adalah berangkat ke sekolah misalkan (meninggalkan rumah sebagai titik tolak). Karena pagi pagi harus sudah bersiap dan di sekolah belum tentu menemukan sesuatu yang ia bayangkan. Ragu akan apakah nantinya gurunya bersahabat, temannya bersahabat dan mata pelajarannya menyenangkan. Sebaliknya saat lonceng tanda pulang (menuju rumah) berbunyi bukan main girangnya hati. Badan dan fikiran yang memang sudah penat karena digunakan sejak pagi sampai siang tidak akan terasa penat karena memikirkan bahwa saat pulang dan sampai ke rumah adalah hal yang indah indah. Bisa beristirahat, mendapatkan lauk yang enak saat santap siang, dan bisa menyegarkan diri dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan.

Namun ada pulang yang selalu pengen kita tunda tunda. Kalau bisa ia ditunda maka inginlah kita menundanya sampai hitungan tahun, puluhan tahun dan bahkan ribuan tahun barangkali. Pulang ke tempat asal kita, yaitu pulang menuju ilahi. Persiapan yang belum matang, Tanggung jawab di dunia yang begitu banyak, anak istri dan keluarga serta handai taulan, cita-cita yang belum kesampaian dan masih merasa muda dan kuat adalah alasan kita merasa tidak suka untuk pulang ke tempat yang satu ini, walaupun tempat ini adalah asal kita pada azaznya.

Sebagian kita banyak yang yakin bahwa pulang ke yang Satu ini pasti terjadi, sebaliknya banyak pula di antara kita yang tak mau mempersiapkannya. Padahal jalan pulang yang akan ditempuh nanti begitu panjang banyak yang harus dilewati. Tentulah bekal yang baik dan cukup yang harus disiapkan dan di tempat kita berada sekaranglah untuk mempersiapkannya. Bukan bekal namanya kalau kita siapkan saat perjalanan pulang dimulai.

21-10-2012:10.34@Belfast

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s