Welcom party for postgarduate research students at great hall queen’s university belfast

Sejak tanggal 18 September 2012 aktifitas sebagai postgraduate research student sudah saya mulai. Awal kedatangan disibukan dengan registrasi ulang. Tidaklah lama kurang lebih hanya 1 jam saja dan student smart card sudah saya kantongi. Dengan card ini saya bisa mengakses semua yang terkait kampus. Library, Lab dan gedung yang ada di Queen’s yang hampir seluruhnya memiliki sistem penguncian otomatis. Registrasi ulang sebenarnya mengisi 10 steps yang harus dilengkapi. Bagian terakhir adalah masalah finance. Saya coba mengeluarkan guarantee letter dari DIKTI untukmenunjukan bahwa saya memiliki sponsor. GL tersebut mereka fotokopi sambil mengatakan invoice dari tuitin fee akan dikirimkan ke email yang tertera pada GL tersebut.

Ternyata tuition fee, berdasarkan skenario DIKTI tidak dibayarkan langsung oleh DIKTI ke Universitas melainkan dikirimkan ke rekening karyasiswa nantinya. Sampai saat ini saya belum dapat kabar dari International & Postgraduate Student Centre terkait tuition fee tersebut apakah email mereka dibalas oleh DIKTI atau tidak. Ini adalah peluang kerjasama sebenarnya karenan pihak Queen’s berharap agar TF tersebut dibayarkan oleh DIKTI ke Queen’s bukan melalui studentnya.

Courtesy of Iswadi HR: Great Hall, Queen’s University Belfast

Tanggal 4 October 2012 menghadiri acara welcome party bagi postgraduate student di Great Hall, Lanyon Building Queen’s. Acara informal ini sesuai dengan isi undanganadalah acara selamat datang. Isinya ya jamuan dan pidato dari vice-chancellor serta dari student union (=BEM-Indonesia??). Pidato vice chancellor disampaikan dengan sederhana dan berwibawa isinya ya tentang sejarah Queen’s dan reputasinya di pendidikan dunia secara global. Pidato dapat saya tangkap dengan baik dan benar namun saat utusan dari student union yang berpidato walau tidak lama hanya sebagaian yang bisa saya tangkap karena iya lumayan cepat dan dengan logat irish yang sangat kental (sebenarnya tak hanya dia…student local lainnya juga berbahasa demikian). Vice chancellor sempat menghampiri beberapa students dan saya sendiri. Mungkin karena wajah saya agak spesifik (melayu-Indonesia) lalu beliau bercengkarama singkat dengan saya mengucapkan selamat datang dan menanyakan asal serta histori kenapa bisa sampai ke Queen’s.

Courtesy of Iswadi HR: Jamuan yang diiringi musik

Jamuan yang terhidang di meja panjang ala harry potter memang sudah dipersilahkan sebelum acara pidato dimulai. Maka hanya minum jus orange yang bisa saya nikmati karena saya tak makan makanan yang mereka hidangkan. Enjoy your life at Queen’s and good luck for your study, itu pesan samar yang saya dengar dari vice chancellor karena ramainya suara orang yang sedang bersantap dan bercengkerama. Alhumma zidni ilman warzukni fahman. Amiin ya rabbal alamain.

Leave a Reply

