Dipanggil Ocu

Biasanya, kalau saya bertemu dengan seseorang yang berasal dari suku Jawa untuk pertama kalinya, maka orang tersebut mengira saya orang Jawa. Namun setelah saya katakan saya berasal dari Kampar baru mereka mengangguk, sambil “mungkin” mereka coba meyakinkan bahwa saya bukanlah orang Kampar yang berasal usul dari Jawa. Mungkin karena saya bisa sedikit sedikit bahasa Jawa jadi mereka kurang yakin saat saya katakan yang sebenarnya dan mungkin pula dikarenakan banyaknya saudara kita yang dari Jawa yang bermukim di Kampar.

Lain halnya kalau saya bertemu dengan orang Riau (Melayu) dan Sumatera Barat (Minang), pada umumnya mereka langsung menebak bahwa saya orang ocu (“Sebutan tidak resmi untuk orang Kampar”) dan serta merta memanggil nama saya dengan tambahan kata “Ocu” di depan nama saya. Jadilah panggilan saya Ocu Is. Agak risih emang (“bukan malu loh), karena saya tidak biasa dipanggil dengan sebutan tersebut. Saya adik beradik berjumlah 3 orang dan saya adalah anak ke-2 dari 3 bersaudara tersebut. Adik-adik saya (yang kandung mapun sepupu) memanggil saya dengan sebutan anga/onga berhubung saya adalah anak ke-2 di dalam keluarga. Saya cukup familiar dengan panggilan tersebut. Namun saya maklum adanya kenapa mereka memanggil saya dengan sebutan ocu. Mungkin mereka ingin “merasa” lebih dekat. Persepsi beberapa orang panggilan “Ocu” di depan nama sesorang analogi dengan menambahkan kata “Mas” untuk orang Jawa atau kata “Uda” untuk orang Minang. Namun, mungkin juga mereka tidak tahu bahwa sebutan ocu itu adalah panggilan untuk anak urutan ke-4 dan seterusnya. Sedangkan bagi saya orang Kampar (tepatnya kenegrian Rumbio) kami memiliki kebiasan untuk memanggil orang dengan sebutan Uwo untuk anak ke-1, Anga untuk anak ke-2, Udo untuk anak ke-3 dan Ocu untuk anak ke-4 dst. Namun seandainya masih ada yang memanggil saya dengan sebutan Ocu/Abang/Mas/Uda sekali lagi tentu saya tidak akan keberatan selama itu bisa membuat pertemanan menjadi lebih dekat lagi (Salemba).

Leave a Reply

