Poncak Silek: Masih Adakah???

Seingat saya hampir di beberapa kampung besar di daerah saya (Rumbio Jaya, Kampar) terdapat sebuah gelanggang pencak silat (Poncak Silek: Dialek Rumbio Jaya, Kampar). Yang saya maksudkan adalah gelanggang tradisional. Jurus yang diajarkan juga sudah lazim. Walaupun jurusnya terlihat mudah namun saat dipraktikan terasa cukup menantang.

Saya pernah belajar silat ini. Gurunya masih terbilang keluarga saya. Yang sangat menarik adalah gerakan olah tubuh (senam pemanasan) yang ia ajarkan. Ada 11 gerakan olah tubuh yang ia ajarkan dan ia sangat yakin bahwa: rutunitas untuk melaksanakan olah tubuh tersebut sekurang-kurangnya sekali sehari (pagi hari) dapat menyebabkan kesehatan kita terjaga. Ini terbukti: sampai akhir hayatnya (80 an tahun) beliau tidak pernah merasakan “sakit” yang umum dirasakan oleh orang sekarang (sakit pinggang, sakit kaki, dll yang berhubungan dengan otot).

Nampaknya saya harus mulai menerapkan olah tubuh tersebut setiap pagi. Namun harus mengingat lagi 11 gerakan olah tubuh tersebut. Sudah belasan tahun kaji tak diulang jadi sudah mulai lupa. Umur masih 33 tahun namun kaki sudah mulai kesemutan saat mendengarkan khotbah Jumat yang agak panjang?

One thought on “Poncak Silek: Masih Adakah???

Leave a Reply

