Memanfaatkan Fasilitas Comments pada Winword 2007 untuk Me-riview Naskah

Beberapa bulan yang lalu saya menerima kiriman sebuah jurnal Elite Elektro yang dipublikasi oleh jurusan Teknik Elektro PNJ Jakarta. Dalam jurnal tersebut juga dimuat artikel saya yang saya tulis dengan Ibuk Azriyenni, ST.MEng dan dibantu oleh mahasiswa D3 , Ade Akhyar, dalam pengambilan datanya. Jurnal tersebut merupakan terbitan perdana. Yang cukup menarik adalah mereka menyarankan penulis untuk mengirimkan naskah melalui email dalam bentuk soft file tentunya (biasanya winword). Mungkin pertimbangannya adalah dalam rangka menghemat waktu dan biaya. Proses riviewnya tentunya juga dilakukan melalui komunikasi menggunakan e-mail setelah naskah tersebut diberi komen di sana sini.

Tentunya ada trik tersendiri yang dilakukan oleh riviewer dalam meriview naskah dalam format soft file ini. Bagi riviewer yang tak terbiasa (bukan karena gaptek) membaca file menggunakan komputer (dengan beberapa alasan: kurang puas, bolak balik halamannya susah, dsb) mereka mensiasatinya dengan cara mencetak soft file tersebut, kemudian mereka memberikan comment secara tertulis. Comment ini kemudian ditulis ulang di file tersebut. Suatu pekerjaan yang melelahkan tentunya.

Cara lain yaitu dengan memanfaatkan fasilitas riview yang ada pada (winword 2007 misalnya). Dengan fasilitas ini, riviewer bisa langsung memberikan comment dengan sangat mudah. Caranya sangat sederhana. Setelah winword dibuka, kemudian tujukan kursor ke tab riview seperti di bawah ini.

Di situ sudah tersedia bagian comments. Fasilitas inilah yang saya maksud, yaitu dengan cara meletakan kursus/memilih huruf atau kalimat yang ingin kita berikan comment. Setelah huruf/kalimat tersebut dipilih klik bagian new comment dan kita siap untuk memberikan komen yang ingin kita sampaikan ke penulis naskah.

2 thoughts on “Memanfaatkan Fasilitas Comments pada Winword 2007 untuk Me-riview Naskah

  1. Terimakasih pak Iswadi, saya sudah mencobanya dan berhasil.
    kenal saya salah satu pengurus jurnal Elite Elektro, dan mulai hari ini jurnal kami sudah dapat diakses via web:www.pnj.ac.id

    Silahkan mengirim kembali makalah yang lain

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s