Rasa Bersalah

Apakah anda pernah merasa disalahkan padahal anda sendiri tidak merasa berbuat salah. Saya pernah mengalami hal tersebut. Berbagai cara saya lakukan agar orang yang mempersalahkan saya tersebut sadar bahwa sebenarnya saya tidak bersalah. Bukan karena saya takut dengan ini dan itu. Tetapi takut terlebih dikarenakan saya akan kehilangan seorang kawan. Dengan cara bersikap ramah dan tetap berpenampilan seperti hari-hari sebelum saya dipersalahkan, semoga ia sadar bahwa sebenarnya saya tak salah. Namun apabilah hal tersebut tidak berhasil juga maka saya akan bertanya ke diri saya sendiri apa benar saya bersalah atau tidak. Biasanya kalau kita memang tidak bersalah, hati kita akan merasa nyaman.Kalau sudah seperti itu kita tetap denga apa adanya diri kita.Jika ia masih mempersalahkan, biasanya saya acuhkan….dan akhirnya si yang mempersalahkan akan sadar bahwa ia telah salah mempersalahkan saya.

2 thoughts on “Rasa Bersalah

  1. menyalahkan orang lain itu adalah satu kesalahan, dan merupakan tindakan para pengecut yg biasanya mereka juga tidak mau disalahkan, dan kebiasaan ini muncul dari orang orang yang suka nya hanya berbicara dan tidak mau bekerja, kerna orang orang seperti ini tidak bisa bekerja dalam sebuah tim atau bisa kita sebut juga kerja sama yang sama sama kerja. mereka cendrung egois, dan seringkali memaksakan pendapat mereka dalam rapat rapat atau musyawarah, sehingga kalau seandainya bukan pendapat mereka yang menjadi keputusan dari musyawarah tersebut, mereka akan sangat kecewa, dan ketika keputusan tersebut tdak efektif dalam pelaksanaanya, maka dengan sombong dan angkuhnya mereka akan menyalahkan orang orang yg telah mengambil keputusan itu, dan merasa paling benar dengan pendapat yg pernah mereka lontarkan dalam musyawarah itu, tanpa ada penghargaan sediktpun terhadap keputusan yg dihasil kan dari sebuah kebersamaan.
    Jika orang orang seperti ini terdapat dalam satu jamaah dakwah, maka mereka berpotensi melakukan pengerombosan dari dalam, apalagi ketika merka mempunyai jabatan yg strategis dalam jamaah tersebut, maka keberadaan mereka harus di sikapi degan arif dan bijaksana, sehingga apapun keputusan yg di putuskan untuk mereka, kalaupun tidak akan menghlang kan masalah, paling tidak dapat mengurangi permasalahan dalam jamaah tersebut, dengan resiko yg lebih kecil.

    Iko sekedar coment ajo go nyo cu,,,iseng iseng nak manuli ajo gonyo.. dek tarogak ka ocu kan,,,,
    Insyallah ayo idul fitri ko den pulang cu,,,kalu lai ocu ado wakotu,, bosuo awak ndak suok yie..
    wassalamualaikum

  2. #Adinda Zam
    Comment nan manyojuokkan. Oso mandapek ayu di tonga padang pasir. Insyaallah kami sakaluarga ado didumanyo dan wakotu tu adonyo.
    Apo tondo uwang ba adat. Iyo tio, ayi bayiok bulan bayiok, jonguok manjonguok. Kok nan dokek nak disilau nan jawuoh imbau ma imbau. Slamat sampai tujuan (tanah air).
    Wassalam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s