Selamat Jalan

Jumat 7desember kemarin saya dapat telpon dari saudara yang di Jakarta. Intinya beliau dan suaminya ingin pamitan untuk menunaikan ibadah haji dan sekalian minta didoakan agar selamat pergi dan pulang. Dan benar pada senen 10 des beliau dan suaminya jadi berangkat ke tanah suci. Yang aneh bagi saya, kepastian keberangkatannya baru diketahui pada hari kamis tanggal 6des. Bayangkan betapa kelabakannya beliau untuk mempersiapkan segalanya. Maka, mertua saya yang dikampung tunggang langgang berangkat ke Jakarta, untuk menjaga 3 orang  anak-anaknya yang masih kecil.

Karena terkena quota maka dia tidak bisa berangkat haji reguler. Kalaupun mendaftar pada tahun 2007 ini haji untuk reguler maka keberangkatan pun baru bisa pada tahun 2009 atau 2010 nya. Sungguh perjuangan dan kesabaran sangat diperlukan…kalau berangkat melalui haji reguler untuk utusan Jakarta.

Akhirnya beliau mengalihkan pendaftarannya menjadi ONH plus. Oh ala, rencana nak naik haji mulus dengan ONH plus, eh ternyata pelayanannya sama saja. Dia telah membayar ONH plus secara lunas dan dikatakan pasti berangkat pada tahun 2007 ini. Ternyata itu hanya omong kosong dari biro perjalanan haji/travel tempat dia mendaftar. Karena pada akhir nopember kemarin dia dikatakan tidak bisa berangkat, alasannya (dari travel) quota ONH plus sudah habis. Saudara saya ini tidak puas dengan alasan yang disampaikan oleh travel haji tsb. Akhirnya dia susul ke biro haji depag, ternyata quota masih tersisa sebanyak 600 orang untuk DKI jakarta. Akhirnya setelah di cek ulang, didapatkan kesimpulan bahwa travel tempat dia mendaftar tidak membayarkan ONH plus tersebut ke instansi terkait…dan ini terjadi pada calon jemaah haji ONH plus sebanyak 30 orang. bayangkan berapa ongkos yang telah mereka simpan (tidak didaftar ke biro haji depag) kalau satu orang CJH membayar 40-an Juta rupiah. Karena saudara saya tahu bahwa ada permainan di travel hajinya dan dia minta klarifikasi, akhirnya travel tsb melunak dan memberangkatkan saudara saya. Itupun setelah di “gertak” akan diadukan ke DEPAG.

Penyelenggaraan ibadah haji wajib diperbaiki karena ini kewajiban setiap muslim untuk memenuhi rukun islamnya. Akhirnya slemat jalan saudara ku. Semoga menjadi haji mabrur

4 thoughts on “Selamat Jalan

  1. Bung Is.
    Kalau tertarik ikut milis METI (Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia), dapat mendaftar di http://tech.groups.yahoo.com/group/meti_ires/.
    METI.
    Milis ini cukup aktif. Memang masih terkesan eksklusif karena anggotanya kebanyakan adalah para guru besar, doktor dan pejabat pusat. Bahkan Menristek beberapa kali posting di sana.
    Sisi baiknya, saya bisa banyak belajar pada para pakar di sana.

    Minal aidin wal faizin. Mohon maaf lahir dan batin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s