Halal Bi halal Pasukuan Piliang

Syawal merupakan bulan maaf-maafan setidaknya begitu yang sering kita dengarkan. Maaf-maafan ini menjadi semarak dengan ditajanya acara dalam bentuk halal bi halal. Apakah halal bi halal termasuk bahasa Arab atau Indonesia saya tak tahu. Secara makna artinya adalah boleh membolehkan. Ikhlas mengikhlaskan. Kita maafkan kesalahan orang dengan ikhlas dan kesalahan kita juga dimaafkan dengan ikhlas, itulah halal bi halal. Orang arab tak mengenal istilah ini. Bahasa agamanya adalah silaturrahmi.

Sampai dengan sekarang saya sudah kesekian kalinya mengikuti acara halal bi halal. Antara lain Halal bi halal :  pesukuan putopang di Air Tiris, Elektro di Lubuk Idai, IA ITB Riau di Grand Zuri dan terakhir Pasukuan Piliang Palintang di Rumbio Jaya.

Halal Bi Halal yang terakhir ini menjadi menarik karena dihadiri oleh keluarga besar piliang limo abuong yang merupakan pucuk pimpinan adat di Air Tiris. Sedangkan piliang palintang sendiri adalah bagian dari piliang limo abong (asal kata limo nan bagabung: Piliang kampung panjang-Air Tiris, Piliang Tanjuong Bolik-Air Tiris , Piliang Ranah-Air Tiris, piliang palintang-Rumbio, piliang padang danau-Rumbio)  dan juga dihadiri oleh toko masyarakat dan tokoh pemuda yang berasal dari pasukuan piliang tersebut, antara lain: Drs. H. Azwar AS (Eks Sekda Kampar) dan Drs. H. Zulher, M.Si (Sekda Kampar).

azwar-as.jpg

Zulher, Azwar AS dan Amri Darwis (No 2, 3 dan 4 dari Kiri)

Pada halal bi halal yang dilakukan oleh anak kemanakan pasukuan piliang palintang di Kampung Kubu Cubadak, Kec Rumbio Jaya ini hampir utusan dari ke-5 suku menyempatkan diri untuk hadir. Sehingga pada acara tersebut surau piliang palintang yang memang berukuran kecil cukup sesak dan sebagai alternatif maka di pasanglah 3 buah tenda itupun banyak di antara anak kemenakan yang tak dapat tempat duduk.

zulher.jpg

Zulher (Close Up)

Begitu tingginya antusiasme anak kemenakan untuk menghadiri entah karena yang datang Zulher dan Azwar AS entah karenan di undangan diumumkan ada acara  makan besar (Jambau : Jambar), wallahu a’lam. Yang jelas dengan acara ini silaturahmi makin meningkat. Khususnya kemenakan akan tahu dengan mamaknya sebaliknya mamak kenal dengan kemenakannya. Acara juga disemarakan oleh penceramah Drs. Amri Darwis (Pemuda Piliang Palintang).

One thought on “Halal Bi halal Pasukuan Piliang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s