Hemat Energi dan Murah

hemat-energi.jpg

Rakit Penyeberangan Kelurahan Air Tiris (Kec. Kampar) Ke Desa Kampung Panjang (Kec.Kampar Utara) , Kampar, Riau

Krisis energi…bagi rakyat indonesia yang tinggal di luar pulau jawa bukan barang langka.

Ingat akibat gempa di sumatera beberapa pembangkit harus berhenti beroperasi karena  perbaikan.  Wal hasil Riau, Sumbar dan sebagian besar sumatera krisis energi…Untuk mengatasi krisis energi ini pemerintah telah merencanakan pembangunan pembangkit listrik. Sayangnya pembangkit listrik yang dibangun rata-rata pembangkit yang berbahan bakar batu-bara dan bahan bakar fosil lainnya, yang kita tahu tidak dapat diperbaharui. Selain merencanakan pembangunan pusat pembangkit, pemerintah juga giat melakukan kampanye hemat energi di berbagai media TV…entah berapa besar biaya iklan tersebut. jangan-jangan lebih besar dari penghematan yang dilakukan. Rugi kan. tentu masih ingat iklan 17.00-22.00. Artinya dalam durasi pukul 17.00-22.00 kita harus mematikan beban yang tak perlu. Cerita tentang hemat energi. Rakyat Riau yang hidup di sepanjang sungai Kampar telah lama melaksanakan. Kalau anda pernah menyeberang di sungai kampar maka jangan heran karena rakit penyeberangannya tidak menggunkan mesin. Daya dorong hanya dihasilkan dari arus sungai yang cukup untuk membuat rakit yang berkapasitas ratusan orang, puluhan motor serta sekurangnya 2 kendaraan roda 4 selamat sampai keseberang dalam sekali jalan. Tidak cuma hemat energi..rakit penyeberangan juga hemat biaya…Hanya Rp 500 untuk orang dan motor dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda 4. Perlu ingat…pengelola rakit sangat menghargai para pelajar…Pelajar SD sampai SMA dapat menyeberang dengan gratis..Kini rakit penyeberangan yang sudah lama beroperasi dengan logo hemat energi dan biaya sudah tiada. Awal pertama puasa Ramadan Kemarin. Jembatan Yang membentang di Sungai Kampar untuk Menghubungkan Air Tiris dan Desa Kampung panjang resmi digunakan oleh masyarakat… Terimakasih Petugas Rakit, entah sudah berapa banyak para anak SD-SMA yang menyebarang di sana sudah menjadi orang: ada yang pengusaha, guru, dosen, rektor, dsb. Terimakasih pemerintah yang telah membuta jembatan karena arus lalu lintas bertambah lancar, namun korban anak mudah karena kebut-kebutan di area jambatan semoga tidak bertambah.

jembatan-air-tiris.jpg

Jembatan Penyeberangan Air Tiris (Kec. Kampar) ke Kampung Panjang (Kec. Kampar Utara), Kampar, Riau

 

16 thoughts on “Hemat Energi dan Murah

  1. Bung Is.

    Dua foto di atas sangat mengesankan, memperlihatkan betapa Bung Is peka terhadap fenomena sosial.

    Kedua foto yang memperlihatkan dua masa berbeda (berserta situasi yang melekat pada masa itu), mengingatkan saya pada masa beberapa minggu lalu, ketika menghadiri presentasi Climate Change oleh perwakilan dari The Climate Crisis, kantor Al Gore, pemenang Nobel Perdamaian 2007.

    pada presentasi tersebut, diperlihatkan belasan foto-foto dari waktu dan keadaan berbeda. Kebanyakan foto-foto itu diambil di belahan bumi yang memiliki salju. Terlihat gamblang bahwa dalam beberapa belas tahun belakangan, kawasan yang dulunya memiliki salju setebal lebih 6 meter seluas puluhan kilometer persegi, kini telah cair menyisakan tanah atau batu-batu. Akibatnya adalah berbagai bencana, mulai dari badai topan, banjir, kenaikan permukaan laut, kenaikan suhu bumi, meningkatnya penyebaran penyakit dan virus. Tepat sekali yang dibut Daoed Joesof yang saya kutip dalam artikel di RiauPos (www.riaupos.com) 23 Octover 2007, bahwa manusia mungkin menjadi spesies yang menunggu giliran punah.

    Sehubungan pemerintah kita yang asik membangun pembangkit berbahanbakar batu-bara, seperti disebut di artikel Bung Is, sesungguhnya kita sedang memberikan kontribusi buruk bagi perubahan iklim dunia. Sebab, sebagaimana dipahami, pembangkit listrik berbahanbakar fosil, terutama batu-bara adalah kontributor terbesar terhadap emisi gas rumah kaca.

    Hemat energi, dalam pandangan saya bukanlah ranah sains atau politik, tapi lebih merupakan kebudayaan. Contoh sederhana, semakin lama kita biarkan lampu menyala di kamar kosong, semakin banyak batu-bara atau minyak dibakar guna menghasilkan listrik untuk lampu itu. Hemat energi adalah keharusan.

    Hal lain yang perlu dilirik para insinyur adalah energi terbarukan. Sejujurnya, energi ini masih memiliki banyak kelemahan, tetapi juga menawarkan banyak kelebihan. Ketika banyak orang optimis bisa menghasilkan energi masa depan dari nuklir fusi, semestinya juga banyak yang optimis dengan energi terbarukan. Nah, yang ini adalah wilayah politik, karena membutuhkan keberpihakan pemerintah dan politisi.

    Pada level kebijakan publik, yang perlu dilakukan Riau kini, menurut saya ada tiga. Pertama, memangkas semua pembangkit berbahan bakar konvensional (minyak dan batu-bara), dan memperkenalkan pembangkit berbahan bakar gas alam. Bukankah gas Natuna melimpah dan jaraknya relatif dekat dari Riau? Kedua, memulai riset-riset sehubungan potensi dan teknologi energi terbarukan dan mengimplementasikannya di lampangan secara berangsur-angsur. Dan ketiga, selama masa transisi dari energi ‘kotor’ ke energi ‘bersih’ bolehlah menggunakan mesin-mesin lama, tapi dengan citarasa baru, yaitu teknologi cogeneration, di mana satu bahan bakar dapat menghasilkan dua output.

    Singkat kata, Riau perlu memiliki grand policy tentang pembangunan energi bersih dan berkelanjutan. Mau tak mau kita bersandar pada lembaga politik. Adakah keinginan pemerintah dan DPRD Propinsi dan kabupaten di Riau memikirkan energi ramah lingkungan?

    Negara-negara maju seperti Jerman, Austria dan Denmark sudah mengucapkan ‘sayonara’ pada bahan bakar fossil. Bahkan hebatnya, mereka memadamkan PLTN. Alasan mereka sederhana saja, tapi mulia. Mereka menyesal telah berbuat ‘terlalu jahat’ kepada alam dan generasi nanti yang akan ‘memakai’ alam.

    Tapi sayang, Riau, Indonesia kini dalam tahap menuju keadaan yang disesali oleh banyak negara maju.

    Kunaifi

  2. terima kasih petugas rakit….jasamu banyak untuk menyebrangiku disubuh hari stelah turun dari travel asal padang,waktu itu blom ada jembatan.kenanganku banyak skali di air tiris. skrg dah 3thn aku tidak ada mengunjungi air tiris. ntah kmana harus kucari seorang gadis yg sangat kusayangi.mauli rafni seorang gadis dikapur…., kembali mu sangat kuharapkan..bagi teman2 dibangkinang n air tiris.mohon hubungiku ke no 081363956777, andai ada bertemu dengan uli.terimakasih atas solid nya…..

  3. kepada keluarga pak mansyur dan ibu rohani di naga beralih.terima kasih telah menganggap saya sbagai bagian dari kluarganya.tidakan dapat tergantikan jasa-jasamu.adik2 ku desi,lena dan jefri…..smoga menjadi anak yg soleh dan sukses dlm mencapai cita2.saya ucapkan slamat untuk kmajuan air tiris dengan sarana jembatannya.teriring doa saya ucapkan smoga air tiris kedepannya akan terus sukses dengan SDM putra-putri kampar yg sedang menuntut ilmu dibangku kuliah demi kemajuan daerahnya.smangat…….!!!!!

  4. kalo caito tontang akik ko, yo sabonou banyak kenangan mah… ado yang lomak ado lo yang ndak lomak nyo….. tp akik ko memang memiliki nilai sejarah yang takkan bisa den lupokan. maaf coy bahasanyo bacampu…..

  5. bg. andri… jef n keluarga jg brterima kasih atas do’a dan dorongan bg. andri untuk jef n adek2 jg sukses. oya… kpn2 kalo emang abang kangen mau maen ke air tiris. dengan senang hati menunggu. oke… satu lg. doakan semoga ujian bln juni ntar lulus pertama ya… biar kt bisa jd rekan kerja sejawat yang solid. amin….

  6. ya amiiiin jef, moga lancar2 sj ya ujian akhir apotekernya n dpt lulus ptama. bg tunggu jef di tanjung pinang. moga jef bisa mdampingi bg ngajar jg di akbid n mengelola apotek. bg jg dah kpenatan dg kerjaan. moga jg miss M yg dibengkalis sabar menunggu jef sampai bkarir ya.

  7. memang banyak kenangan kita dirakit. ingat jef waktu kita manggil2 rakit yang bsandar dikampung panjang waktu subuh hari turun bus ANS dari padang, kita manggil pakai cahaya hp.dah 3thn waktu blalu.jef doakan sj bg dpt btemu lg dg uli, paling tidak ada kjelasan kata akhir dari uli tentang hub kami.

  8. banyak x kenangan di kapur. dari biodata bg iswadi dan saya liat dari peta air tiris. rumah bg is brada di kapur dekat dg rmh uli. mohon bantuannya bg is untuk menghubungi andri, andaikata mlihat uli di kapur dan mohon hub ke no hp andri yg ada di atas. andri hanya kehilanggan jejaknya sj, terakhir kami btemu waktu di tanjung batu pada tanggal 05 februari 2007. andri rasa bg is tau tentang uli, cucunya almarhum nenek halimah, rumahnya didepan SD 19 dikapur.

  9. hanya ucapan terima kasih sbelumnya andri ucapkan untuk jefrizal adikku dinaga beralih dan bg iswadi atas bantuannya untuk memberikan info. kl andri ada cuti kerja dan maen ke air tiris lg, kita bisa ktemu dan kenalan langsung kan bang is ????

  10. knapa dah gak online lg bg is???? lg sibuk dg kerjaan nya ya. good luck ya…………….and succes for bg is…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s